Jumlah calon Haji dari Kudus Alami Penurunan

Penulis: Antara Pada: Jumat, 24 Mei 2019, 17:50 WIB Humaniora
Jumlah calon Haji dari Kudus Alami Penurunan

MI/Denny Susanto
Petugas sedang melayani pemeriksaan biometric terhadap jemaah calon haji

JUMLAH calon haji asal Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang bakal diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji 2019 mengalami
penurunan, karena tercatat kuotanya hanya 1.078 orang dari tahun sebelumnya mencapai 1.400 orang.

"Sedikit banyaknya jumlah calon haji yang akan diberangkatkan disesuaikan dengan jumlah yang mendaftar saat itu serta sesuai kondisi perekonomian masyarakat setempat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Noor Badi melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Suudi di Kudus, Jumat (24/5).

Ia menambahkan ribuan calon haji asal Kudus yang diberangkatkan tahun ini merupakan pendaftar pada 2012. Bahkan, lanjut dia banyak pihak yang mengaitkan jumlah pendaftar calon haji pada 2012 di Kudus yang dianggap lebih rendah dari sebelumnya, berhubungan dengan kondisi Pasar Kliwon saat itu yang sedang terbakar sehingga berpengaruh terhadap warga yang mendaftar haji.

Baca juga: Penambahan Kuota 10 Ribu Calon Haji Berdasarkan Kuota Provinsi

Pasar Kliwon Kudus, kata dia memang menjadi pasar terbesar di wilayah Keresidenan Pati sehingga bisa saja turut berpengaruh terhadap kondisi perekonomian masyarakat setempat. Dari 1.078 orang, katanya sebanyak 1.069 orang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), sedangkan sembilan orang merupakan tenaga Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), tujuh orang dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD).

Terkait adanya tambahan kuota haji untuk Tanah Air sebanyak 10.000 orang, tambah dia belum bisa dipastikan apakah Kabupaten Kudus akan mendapatkan tambahan kuota. Meskipun demikian, lanjut dia saat ini ada pelunasan tahap tiga yang dimulai tanggla 22 hingga 29 Mei 2019.

Kalaupun ada penambahan kuota, maka pendaftar yang akan mendapatkan prioritas sesuai dengan urutan pendaftaran. Bagi calon haji yang berusia lanjut, berdasarkan kebijakan dari pusat untuk usia 75 tahun lebih memang bisa mengusulkan untuk diberangkatkan lebih awal dengan tetap mempertimbangkan kuota serta nomor urutan pendaftarannya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More