Jumat 24 Mei 2019, 17:00 WIB

BI Prakirakan Inflasi Mei 0,47%

Atalya Puspa | Ekonomi
BI Prakirakan Inflasi Mei 0,47%

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo

 

BERDASARKAN survei pemantauan harga minggu keempat, Bank Indonesia (BI) memprakirakan tingkat inflasi pada Mei 2019 berada di angka 0,47% mtm. Angka tersebut lebih rendah dari prakiraan sebelumnya, dan merupakan angka paling rendah dari rata-rata tiga tahun terakhir.

"Berdasarkan survei pemantauan harga minggu keempat, Inflasinya 0,47% mtm. Lebih rendah dari perkiraan kemarin. Sementara itu year on year (yoy) nya 3,1%," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Kompleks BI, Jakarta Pusat, Jumat (24/5).

Perry menyatakan, rendahnya prakiraan angka inflasi tersebut disebabkan oleh terjadinya deflasi di beberapa komoditas, seperti beras, tomat sayur, bawang merah, dan turunnya tarif angkutan udara.

Baca juga: Kementan Berhasil Tekan Inflasi Pangan Sejak 2015

"Sampai minggu ketiga masih ada kecenderungan naiknya (harga tiket angkutan udara) meskipun lebih rendah tapi sekarang sampai minggu keempat negatif. Ini merespon ketentuan pemerintah mengenai tarif batas atas tarif angkutan udara," tuturnya.

Sementara itu, dirinya mengungkapkan, masih ada beberapa komoditas menyumbang inflasi yang cukup besar pada Mei 2019.

"Yang naik masih cabai merah, bawang putih, daging ayam dan telur," tukasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More