Jumat 24 Mei 2019, 11:40 WIB

Menhub Izinkan Maskapai Tambah Slot

Media Indonesia | Mudik
Menhub Izinkan Maskapai Tambah Slot

ANTARA FOTO/Feny Selly
Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan peluang bagi maskapai untuk menambah slot penerbangan. Hal itu untuk mengakomodasi peningkatan penumpang selama periode mudik Lebaran. Apa-lagi, kebijakan pemerintah untuk menekan harga tiket pesawat mulai berdampak.

"Sebenarnya kita beri izin mereka untuk menambah. Karena semua slot bandara masih longgar, kecuali Bandara Halim Perdana Kusuma sudah penuh. Jika itu ada ruang slot yang masih bisa dilakukan, ya lakukan," ungkap Menhub, di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, kemarin.

Menurut Menhub, pemerintah memberikan catatan bahwa maskapai yang membatalkan rencana penambahan slot harus memberita-hukan ke regulator paling lambat sehari sebelumnya.

Lebih lanjut, Budi mengklaim harga tiket maskapai sudah mengikuti kebijakan pemerintah. "Untuk penurunan tiket sudah ada dampak. Saudara saya di Yogyakarta bilang sudah turun 15%. Memang dia dapat harga terbatas turun di 15%. Tapi, sebenarnya ada juga yang turun 50% seperti Batik dan Lion," kata Budi.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Jemi Francis mengatakan tidak ada tuslah atau tambahan harga untuk tiket pesawat. Akan tetapi, bila ada maskapai yang menaikkan tarif secara tidak wajar, baik melampaui batas atas atau kurang dari batas bawah, akan diberi teguran. 

"Kami dari DPR akan menyampaikan ini dan ini wajib saya sampaikan ke Pak Menteri agar segera ditindaklanjuti," tandas Fary.

Moda transportasi kereta api ju-ga bersiap menghadapi kenaikan jumlah penumpang. PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Jawa Tengah, bakal menambah 5.028 tempat duduk setiap harinya dari 4 KA tambahan yang dioperasikan untuk mengangkut penumpang. Empat KA tambahan tersebut bakal melengkapi 12 KA reguler milik Daop 5 Purwokerto.

Manajer Humas Daop 5 Purwo-kerto Supriyanto mengatakan 4 KA tambahan meliputi KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kutoarjo, KA Kutojaya Utara relasi Pasar Senen-Kutoarjo, KA Purwojaya jurusan Gambir-Cilacap, dan KA Sawunggalih jurusan Pasar Senen-Kutoarjo.

Pada saat dimulainya masa angkutan Lebaran, Daop 5 juga menyi-apkan Posko Angkutan Lebaran 2019. "Selain itu, kami juga mengintensifkan pemeriksaan jalur rel serta menambah petugas di titik-titik rawan" jelasnya. (DW/LD/P-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More