Jumat 24 Mei 2019, 11:20 WIB

Jembatan Padang-Bukittinggi Beres H-7 Lebaran

Media Indonesia | Mudik
Jembatan Padang-Bukittinggi Beres H-7 Lebaran

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Kendaraan bergantian melewati jembatan darurat Batang Kalu, di Jalur Padang - Bukit tinggi, Kayu tanam, Kab.Padang pariaman, Sumatera Barat.

PENGERJAAN jembatan utama di Nagari Batang Kalu, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, yang rusak diterjang air bah beberapa waktu lalu, diperki-rakan selesai H-7 Lebaran.

Kapolres Padang Pariaman AKB Rizki Nugroho mengatakan saat ini pengerjaan jembatan sudah mencapai 65% hingga 70%.

"Insya Allah jelang Lebaran nan-ti, Jembatan Batang Kalu ini sudah dapat dilewati baik dari arah Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya," ujar Rizki Nugroho.

Dia menjelaskan nantinya akan dilakukan uji coba untuk mengetahui bagaimana kualitas dari landasan jembatan tersebut. Jalan lintas yang menghubungkan Padang-Bukittinggi ini merupakan jalur padat di wilayah Sumatra Barat, selain menjadi ruas jalan yang menghubungkan Padang dengan Payakumbuh-Pekanbaru dan juga ke arah Medan.

Sementara itu, Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, menargetkan perbaikan jalan tuntas pada H-3 Lebaran. Plt Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Penataan Ruang (PU CKPR) Banyuwangi, Mujiono, mengungkapkan kondisi jalan di area Banyuwangi masih cukup baik.

"Pemeliharaan jalan diprioritaskan pada jalan poros penghubung antarkecamatan. Kami lakukan tambal sulam pada ruas jalan yang kerusakannya tidak lebih dari 10%," kata Mujiono.

Di antaranya, jalan lingkar timur Rogojampi, jalan pertigaan Srono menuju Pekulo Kecamatan Srono, jalan dari Sraten menuju Tamanagung, serta jalan dari Jajag ke arah Tegalsari dan Dasri menuju Tawangalun yang menghubungkan tiga kecamatan, yakni Gambiran, Genteng, dan Tegalsari.

"Penambalan jalan berlubang ini sudah kita kebut sejak awal puasa, optimistis bisa tuntas sesuai target, yakni H-3," tandasnya.

Pemudik dari Jakarta yang akan keluar dari tol Brebes barat dapat melewati jalur tengah kemudian ke jalur selatan di Banyumas dan Kebumen, Jateng. Dipastikan jalur setempat sudah rampung pada H-10. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Nasional Ditjen Bina Marga wilayah Banyumas hingga perbatasan Jateng-DIY, Yafoor Sulaiman, yakin pengecoran sejumlah ruas jalan selesai pada H-10. (YH/UA/LD/RF/JS/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More