75 Rest Area Disiapkan di Tol Trans-Jawa

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Jumat, 24 Mei 2019, 11:10 WIB Mudik
75 Rest Area Disiapkan di Tol Trans-Jawa

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Rest area trans jawa

PEMERINTAH menyiapkan 75 tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang ruas Tol Trans-Jawa. Setiap rest area ditempatkan pada setiap 20 kilometer (km) jalan tol.

Sebanyak 32 dari seluruh rest area merupakan tipe A yang dilengkapi toilet, area parkir mobil dan truk, ATM, musala, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, klinik, dan taman. Kemudian, 22 rest area masuk ke kategori tipe B yang dilengkapi dengan fasilitas toilet, area parkir mobil dan truk, ATM, musala, warung/kios, restoran, dan taman, tanpa SPBU.

Sisanya, sebanyak 21 rest area merupakan tipe C yang hanya dilengkapi dengan toilet, area parkir mobil dan truk, musala, dan wa-rung/kios. Tempat peristirahatan tipe ini hanya dioperasikan pada masa libur panjang, libur Lebaran/Natal, dan tahun baru.

Selain di Trans-Jawa, rest area juga disapkan di Tol Trans-Sumatra yang telah beroperasi baik secara operasional maupun fungsional. Tercatat, secara total ada 11 tempat peristirahatan, yakni dua unit di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, empat unit di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, dan lima unit di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Di jalan tol yang masih fungsional seperti Terbanggi Besar-Kayu Agung dan Kayu Agung-Palembang juga terdapar rest area nonpermanen.

"Rest area merupakan tempat peristirahatan sementara bagi pemudik. Maka dari itu, bagi pemudik yang sudah selesai beristirahat harap segera melanjutkan perjalanan untuk memberikan kesempatan bagi yang lain," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (22/5).

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan persiapan penyediaan rest area di ruas Tol Trans Jawa telah mencapai 95%.

"Jumlah rest area yang disiapkan relatif mencukupi. Jika diberlakukan jalur satu arah, pengguna jalan bisa menggunakan rest area di bahu kiri dan kanan jalan," ujar Irra ketika dihubungi, kemarin.

Irra juga mengatakan pihaknya menyediakan 30 unit toilet disabilitas di 14 rest area di sepanjang Trans-Jawa. Upaya tersebut dilakukan sebagai implementasi dari komitmen perseroan dalam mendukung momen mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Kami sediakan toilet khusus disabilitas karena semua berhak mendapat pelayanan terbaik," ujarnya.

GT Cikampek Utama Difungsikan
Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama resmi ditiadakan mulai kemarin. Seluruh transaksi dialihkan ke GT Cikampek Utama di KM70 dan GT Kalihurip Utama di KM67.

GT Cikampek Utama ditujukan untuk transaksi bagi pengguna jalan dari atau menuju ruas sisi timur yakni Cikopo-Palimanan. Sedangkan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan dari atau menuju sisi selatan yakni Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengata-kan pemindahan GT Cikarang Uta-ma akan memberikan banyak man-faat bagi masyarakat.

Sebelumnya, sistem transaksi yang bersifat tertutup kini menja-di terbuka atau hanya perlu satu kali pembayaran. Dengan begitu, titik kepadatan karena antrean yang kerap terjadi di gerbang tol akan berkurang. (RZ/BB/LD/DW/UL/JI/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More