Jumat 24 Mei 2019, 08:30 WIB

Ramadan, Transaksi E-Commerce Meningkat Tiga Kali

Hym/S-1 | Ramadan
Ramadan, Transaksi E-Commerce Meningkat Tiga Kali

Ist
Transaksi E-Commerce Shopee

TREN belanja masyarakat mengalami peningkatan pada Ramadan. Bahkan, peningkatan terus berlangsung mendekati Lebaran. Peningkatan pun dirasakan pada perilaku belanja daring.

Seperti diakui Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja. "Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam menyambut dan menjalani bulan suci, Shopee menghadirkan program promo tersebut," kata Handhika di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (21/5).

Sejak awal Ramadan 2019, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pertumbuhan ini diprediksi akan terus meningkat pascapenerimaan tunjangan hari raya (THR). Untuk menjawab antusiasme pengguna, Shopee menghadirkan promo 'Pasti Lebih Besar di Puncak Big Ramadhan Sale' pada 24 Mei mendatang.

"Kami juga mengapresiasi respons positif masyarakat terhadap kampanye-kampanye Shopee sehingga terpilih sebagai e-commerce favorit untuk membelanjakan THR-nya berdasarkan hasil survei yang dilansir Snapcart pada awal bulan ini," ujarnya.

Beberapa fakta menarik dan hasil pencapaian di awal minggu program 'Big Ramadhan Sale 2019' di Shopee. Pertama, terjadi peningkatan traffic pada pukul 03.00 WIB-05.00 WIB hingga empat kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

Selanjutnya, inovasi in-app game 'Goyang Shopee' mengalami peningkatan sebesar tiga kali lipat pada Super Goyang Day di 23 April dan 7 Mei jika dibandingkan dengan hari biasa.

Ketiga, antusiasme pengguna pada Serba 10 Ribu dan hadiah paket umrah terlihat dengan tercatatnya lebih dari 3 juta partisipan dalam 'Serba 10 Ribu'.

Kemudian, kategori fesyen muslim menjadi salah satu yang paling diminati. Terbukti adanya kenaikan pembelian lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa. Tiga kategori terpopuler ialah fesyen muslim, kecantikan, dan pakaian perempuan.

Perubahan perilaku dan peningkatan konsumsi masyarakat melalui e-commerce juga diungkapkan Nailul Huda, Peneliti Center of Innovation and Digital Economy Indef (Institute for Development of Economics and Finance). "Ramadan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi," kata Nailul.

Tahun ini, lanjutnya, Indef memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan mengalami peningkatan yang signifikan ketimbang tahun sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumsi masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. "Hal ini pun terlihat dari nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan yang selalu mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya," tandasnya. (Hym/S-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Lebaran di Rumah, Selamatkan Umat

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 22 Mei 2020, 04:45 WIB
Merayakan Idul Fitri di rumah sesuai dengan prinsip ajaran Islam untuk menjauhi kemudaratan dan membangun kemaslahatan...
MI/Seno

Allah Lebih Dekat daripada Urat Nadi

👤Quraish Shihab 🕔Rabu 20 Mei 2020, 04:15 WIB
‘DAN sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya...
MI/Pius Erlangga

Bermuhasabah di Akhir Ramadan

👤Atikah Ismah Winahyu 🕔Rabu 20 Mei 2020, 03:55 WIB
TIDAK terasa kita telah memasuki akhir bulan Ramadan 1441 H yang penuh...

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Senin, 06 Jul 2020 / Ramadan 1441 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:25 WIB
Subuh : 04:35 WIB
Terbit : 05:51 WIB
Dhuha : 06:20 WIB
Dzuhur : 11:53 WIB
Ashar : 15:14 WIB
Maghrib : 17:47 WIB
Isya : 18:59 WIB

PERNIK

Read More