Jumat 24 Mei 2019, 08:20 WIB

Kepergian Ustaz Arifin Ilham Tinggalkan Duka Mendalam

Dede Susianti | Humaniora
Kepergian Ustaz Arifin Ilham Tinggalkan Duka Mendalam

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sejumlah warga muslim mengusung peti jenazah KH. Arifin Ilham saat akan dimakamkan di Komplek Pesantren Az Zikra Gunung Sindur, Bogor.

 

RIBUAN orang kemarin menghadiri prosesi pemakaman ustaz kondang Arifin Ilham di halaman Masjid Az-Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Mereka tanpa henti mengumandangkan selawat, zikir, dan takbir ketika jasad almarhum dimakamkan sekitar pukul 20.20 WIB setelah sebelumnya disalatkan di Masjid Az-Zikra Sentul dan Masjid Az-Zikra Gunung Sindur.

Putra sulung almarhum, Muhammad Alvin Faiz, mengumandangkan azan ketika jenazah dimasukkan ke liang lahad.

Arifin Ilham, 49, wafat pada Rabu (22/5)pukul 23.40 waktu setempat di Penang, Malaysia, setelah sebelumnya menjalani perawatan penyakit kanker.

Kepergian Ustaz Arifin Ilham, yang dikenal dengan program zikirnya, dinilai banyak pihak sebagai kehilangan besar bagi bangsa Indonesia karena ketokohannya.

"Kita semua sangat kehilangan. Beliau sangat besar sekali manfaatnya bagi bangsa dan negara, khususnya umat Islam di Indonesia," ungkap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat melayat ke Yayasan Az-Zikra Sentul.

Menurut Lukman, zikir-zikir yang dikumandangkan dan terus disemarakkan almarhum di Indonesia sungguh memiliki kekuatan yang luar biasa.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai almarhum sebagai tokoh yang enak diajak berdiskusi. 'Tausiahnya juga memiliki makna mendalam', tulis Tjahjo di Twitter.

Sejumlah selebritas ikut menghadiri pemakaman tersebut, seperti komedian Jaja Miharja. "Dia sosok yang baik, humoris, dan suka bercanda," kenang Jaja.

Sementara itu, putra kedua mendiang Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Amer Azzikra, mengatakan ayahnya selalu mengajarkan tujuh sunah Rasulullah, yaitu salat tahajud, salat duha, membaca Alquran, bersedekah, salat berjemaah, menjaga wudu, dan bersiwak.

"Abi (panggilan untuk Ustaz Arifin) juga selalu mengingatkan untuk rajin membaca Surat Arrahman, Yasin, Al-Waqiah, Al-Mulk, Al-Kahfi, Al-Muzammil, dan Al-Baqarah," pungkasnya.

Kepemimpinan di Pesantren Az-Zikra akan beralih kepada Muhammad Alvin Faiz.

"Pesan Abi yang terakhir itu jaga pesantren. Itu pesan yang selalu Abi sampaikan," ungkap Alvin kepada media di Majelis Az-Zikra. (Dede Susianti/Ths/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More