Jumat 24 Mei 2019, 05:00 WIB

Indonesia Siapkan Strategi Khusus Hadapi Taiwan

M taufan SP Bustan m.taufan@mediaindonesia.com | Olahraga
 Indonesia Siapkan Strategi Khusus Hadapi Taiwan

antara
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI Susy Susanti

DENGAN menyandang sebagai juara Grup 1B, tim bulu tangkis Indonesia akan bertemu dengan runner-up dari Grup 1C, Taiwan, pada babak perempat final kejuaraan bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman 2019.

Pertandingan perempat final Piala Sudirman 2019 tim 'Merah Putih' melawan Taiwan akan dilangsungkan di Nanning, Tiongkok, sore hari ini.

Untuk bisa meraih tiket semifinal, tim bulu tangkis Indonesia harus mempersiapkan formasi dan terbaik untuk menghadapi skuat bulu tangkis Taiwan.

"Karena untuk babak berikutnya sudah pasti sistem gugur, jadi betul-betul kita harus lebih konsentrasi lebih fokus dan benar-benar menyiapkan. Sudah pasti all out yang terbaik," ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI Susy Susanti di Nanning, Tiongkok, kemarin malam.

Menurut Susy, para pemain yang tergabung dalam tim Taiwan memiliki kemiripan kekuatan dengan tim Indonesia. Taiwan memiliki pemain yang tangguh di sektor tunggal putra dan ganda putra.

Peluang tim Indonesia meraih poin dari nomor tunggal putri 50-50. Untuk menerapkan strategi yang tepat dan bisa lolos ke babak semifinal, para pelatih timnas Indonesia melakukan pembahasan strategi jelang laga perempat final.

Pada laga di fase Grup 1C, Taiwan dikalahkan tim Korea Selatan dengan 2-3. Dua poin kemenangan yang diraih Taiwan dengan mengandalkan pemain tunggal putra Chou Tien-chen yang meraih medali perak Asian Games 2018 dan pasangan ganda putra Lee Yang/Wang Chi-lin.

Jelang menghadapi tim Taiwan, Susy berharap bahwa yang terpenting semua pemain dalam kondisi sehat dan fit. "Pemain harus memiliki semangat juang sehingga saat diturunkan siap tanding dan mental," ucap Susy.

Sebelum diturunkan, para pemain Indonesia dilihat dulu catatan head to head dengan para pemain Taiwan. "Nanti siapa yang terbaik rekor head-to-head itu yang terbaik untuk kita, jadi peluang kita lebih besar," papar mantan juara dunia tunggal putri 1993.

Thailand ke semifinal

Pada laga babak perempat final yang berlangsung semalam, tim Thailand secara mengejutkan mampu menyingkirkan tim juara bertahan Korea Selatan dengan kedudukan 3-2.

Tim 'Gajah Putih' pun berhak meraih tiket ke babak semifinal bertemu dengan juara runner-up Piala Sudirman 2017 dan pemegang 10 gelar juara Piala Sudirman, tim Tiongkok, yang mengalahkan Denmark dengan 3-1.

Tiga poin kemenangan Thailand disumbang pasangan ganda campuran Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang mengalahkan pasangan Korsel Seo Seung Jae/Chae Yujung dengan skor 21-18 dan 21-18.

Poin kedua Thailand disumbang tunggal putra Kantaphon Wangcharoen yang mengalahkan Heo Kwang Hee dengan 21-17 dan 21-17. Sementara itu, penentu kemenangan Thailand dipersembahkan pemain putrinya Ratchanok Intanon yang mengalahkan Se Young-an dengan dua gim langsung 21-15 dan 21-17. (Opn/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More