Kamis 23 Mei 2019, 20:05 WIB

KPK Butuh Waktu Sebulan Hitung 84 Kardus Uang Bowo

M. Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum
KPK Butuh Waktu Sebulan Hitung 84 Kardus Uang Bowo

MI/ROMMY PUJIANTO
Barang bukti berupa 84 kardus berisi uang.

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menghitung semua uang dari dalam 84 kardus terkait dugaan kasus suap bidang pelayaran dengan tersangka Bowo Sidik Pangarso.

"Uang yang ditemukan KPK dalam 84 kardus dan dua kontainer plastik di PT. Inersia pasca OTT beberapa waktu lalu telah selesai dihitung. Total nilai uang Rp8,45 Miliar tersebut saat ini disita sebagai bagian dari berkas perkara," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Kamis (23/5).

Pembukaan kardus dan penghitungan uang yang dilakukan oleh penyidik KPK, kata Febri, membutuhkan waktu setidaknya selama sebulan. Dari penghitungan itu, diketahui uang tersebut dimasukkan dalam amplop didominasi pecahan uang Rp20.000.

"Sebagian besar uang dalam pecahan 20 ribu. Perhitungan ini dilakukan mulai dari29 Maret sampai dengan 10 Mei 2019. Jadi memang butuh waktu, karena kami harus secara hati-hati tentu saja, dan memastikan uang dalam satu persatu amplop tersebut dihitung," jelasnya.

Selain itu, hari ini KPK juga memeriksa kepada dua orang saksi. Mereka ialah anggota DPR RI Fraksi Golkar Eka Sastra dan Kepala Sub Direktorat DAK 1 Direktorat Perimbangan Daerah Kementerian Keuangan Sandy Firdaus.

"Dari kedua saksi tersebut, penyidik mendalami keterangan terkait penerimaan gratifikasi oleh tersangka BSP," imbuh Febri.

Sementara, dalam perkara yang sama, KPK memperpanjang masa penahanan kepada Bowo dan Indung selama 30 hari ke depan.
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More