Kamis 23 Mei 2019, 19:27 WIB

Bamsoet Minta Kemenhub-ASDP Antisipasi Lonjakan Pemudik

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Bamsoet Minta Kemenhub-ASDP Antisipasi Lonjakan Pemudik

MI/Susanto
Ketua DPR Bambang Soesatyo

 

KETUA DPR Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di saat arus mudik Lebaran 2019.

"Dengan menambah trip perjalanan dan jumlah kapal, armada kapal berkapasitas besar, sehingga dapat menampung lebih banyak penumpang dan menyiapkan dermaga tambahan. Serta menambah loket masuk pelabuhan hingga pengaturan arus kendaraan guna meminimalisir terjadinya lonjakan penumpang ataupun penumpukan antrean kendaraan," ujar pria yang kerap disapa Bamsoet di Jakarta, Kamis (23/5).

Dia mengatakan itu terkait dengan perkiraan akan ada 4,5 juta orang yang akan melalui lintas penyeberangan jalur laut pada masa mudik Lebaran 2019. Perkiraan itu berasal dari peningkatan 2,8% dari arus mudik 2018.

Baca juga: Ketua DPR: Aparat Harus Tetap Humanis

Bamsoet juga mendorong syahbandar untuk memeriksa kelaikan kapal dan batasan jumlah penumpang. "Mendorong Kemenhub meminta PT ASDP untuk memperpendek waktu sandar, memperbanyak kru lashing (metode pengikatan barang/cargo), hingga mempercepat waktu bongkar muat pada setiap armada kapal guna mengurai antrean kendaraan yang ingin menyeberang."

Kemenhub, lanjut dia, juga diminta terus mempersiapkan sarana mudik serta melakukan pengecekan kelaikan pada moda transportasi laut yang harus sesuai dengan standar operasional (SOP) guna menjamin keamanan dan keselamatan pengguna jasa angkutan laut.

Selain itu, sambung Bamsoet, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) diminta untuk menginformasikan kondisi cuaca terupdate, baik melalui media cetak, siber, dan siaran.

"Mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan moda transportasi laut agar dapat mematuhi aturan yang berlaku pada angkutan laut serta mengikuti arahan dari petugas guna kenyamanan dan keselamatan bersama." (X-15)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More