Kamis 23 Mei 2019, 18:00 WIB

Sebanyak 75 Rest Area Disiapkan di Sepanjang Trans Jawa

Andhika Prasetyo | Nusantara
Sebanyak 75 Rest Area Disiapkan di Sepanjang Trans Jawa

ist
rest area

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) bersama Badan Usaha Jalan Tol menyiapkan 75 tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Setiap rest area diletakkan sekitar setiap 20 kilometer (km) jalan tol.

Lebih rinci, sebanyak 32 dari seluruh rest area merupakan tipe A yang dilengkapi toilet, area parkir mobil, dan truk, ATM, musala, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, klinik dan taman.

Kemudian, 22 rest area masuk ke kategori tipe B yang dilengkapi dengan fasilitas toilet, area parkir mobil dan truk, ATM, mushola, warung/kios, restoran, dan taman, tanpa SPBU.

Sisanya, sebanyak 21 rest area merupakan tipe C yang hanya dilengkapi dengan toilet, area parkir mobil dan truk, mushola dan warung/kios. Tempat peristirahatan tipe teraebut hanya dioperasikan pada masa libur panjang, libur lebaran/natal dan tahun baru.

Selain di Trans Jawa, rest area juga disapkan di Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi baik secara operasional maupun fungsional. Tercatat, secara total ada 11 tempat peristirahatan yakni dua unit di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, empat unit di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan lima unit di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Baca juga: Waspada Mudik Malam hari di Tol Trans Jawa

Di jalan tol yang masih fungsional seperti Terbanggi Besar-Kayu Agung dan Kayu Agung-Palembang juga terdapar rest area nonpermanen.

"Rest area merupakan tempat peristirahatan sementara bagi pemudik. Maka dari itu, bagi pemudik yang sudah selesai beristirahat harap segera melanjutkan perjalanan untuk memberikan kesempatan bagi yang lain," ucap Basuki Hadimuljono di Gedung Parlemen, Rabu (22/5).

Adapun, PT Jasa Marga Tbk mengungkapkan persiapan penyediaan rest area di ruas tol Trans Jawa telah mencapai 95%.

"Jumlah rest area yang disiapkan relatif mencukupi. Jika diberlakukan jalur satu arah, pengguna jalan bisa menggunakan rest area di bahu kiri dan kanan jalan," ucap Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti kepada Media Indonesia, Kamis (23/5). (OL-7)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Ratusan Babi di Sikka Diduga Diserang Virus Afrika

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:07 WIB
Tahun ini, dari Januari sampai Juni diperkirakan ada sekitar 300 ekor babi mati di...
MI/Ardi Teristi Hardi

Menteri Perdagangan Sebut Stok Bahan Pokok Aman dan Harga Stabil

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:05 WIB
Konsumsi masyarakat saat ini masih ada penurunan. Penyebab penurunan bukan karena stok di pasaran yang menipis, tetapi ketakutan masyarakat...
MI/John Lewar

Pandemi Covid-19, Panen Pangan Riau Capai 131 Ribu Ton

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Kamis 02 Juli 2020, 12:58 WIB
Pemprov Riau bertekad untuk terus meningkatkan penyediaan cadangan pangan daerah melalui dua pendekatan, yakni dari sisi produksi dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya