Kondisi Politik Kondusif, Rupiah Ditutup Menguat

Penulis: Atalya Puspa Pada: Kamis, 23 Mei 2019, 16:45 WIB Ekonomi
Kondisi Politik Kondusif, Rupiah Ditutup Menguat

ANTARA
Kurs rupiah

RUPIAH terus menguat hingga penutupan perdagangan hari ini, Kamis (23/5). Dilansir dari Bloomberg, rupiah menguat di level 14.480 per dolar Amerika Serikat (AS) atau 0,31% dibanding pada penutupan perdagangan sebelumnya yang menyentuh angka 14.500 per dolar AS.

Pergerakan rupiah dipengaruhi sentimen positif pascaaksi pada Rabu (22/5) kemarin yang berangsur kondusif sehari setelahnya.

"Rupiah menguat dipengaruhi oleh membaiknya kembali sentimen domestik pasca penanganan keamanan yang kondusif demo terkait hasil resmi pemilu 2019," kata Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Media Indonesia, Kamis (23/5).

Baca juga: Rupiah Masih Tertekan Perang Dagang

Dirinya menyatakan, di tengah keterpurukan IHSG dan rupiah beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) senantiasa melakukan berbagai upaya untuk kembali menstabilkan kondisi pasar.

"Pada umumnya, BI melakukan beberapa langkah intervensi di pasar valas, pasar DNDF dan pasar SBN utk menjaga stabilitas rupiah" tuturnya.

Dirinya memproyeksi pengaruh dari kondisi politik terhadap nilai tukar tidak akan berlangsung lama, sehingga nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing akan stabil. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More