Kondusif, Polisi Tetap Siaga di Titik Rawan Demontrasi

Penulis: Ferdian Ananda Majni Pada: Kamis, 23 Mei 2019, 12:53 WIB Megapolitan
Kondusif, Polisi Tetap Siaga di Titik Rawan Demontrasi

MI/Pius Erlangga
Sejumlah Polisi melakukan pengamanan di kawasan Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

PASCARISUH yang terjadi antara pengunjuk rasa dan aparat kepolisian di depan Gedung Bawaslu, pihak kepolisian terus bersiaga di sejumlah titik rawan aksi demonstrasi hari ini.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan kondisi Jakarta mulai kondusif dan masyarakat diminta beraktivitas kembali. Akan tetapi, personel kepolisian terus bersiaga di titik yang rawan dikunjungi para pengunjuk rasa.

"Hari ini tidak ada, kondusif. Tetapi patut diduga kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang dengan liar datang ke sini (Bawaslu) melakukan tindakan anarkis," kata Eddy di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).

Oleh karena itu, personel polisi masih disiagakan untuk mengamankan sejumlah titik rawan. Seperti depan kantor Bawaslu, Gedung KPU dan Gedung DPR/MPR/DPD.

"Saya kira sistem pengamanan kita masih sama dengan yang kemarin, baik itu di Bawaslu, KPU di tempat tertentu yang memiliki potensi kerawanan seperti DPR," terangnya.

Baca juga: Sempat Ricuh di Depan Bawaslu, Situasi Berangsur Kondusif

Eddy tak memungkiri pihaknya akan melakukan tindakan tegas dan terukur apabila ada provokasi kericuhan. Tentunya, ia mengingatkan masyarakat agar melakukan aksi unjuk rasa sesuai koridor dan taat peraturan.

"Kita akan lakukan tindakan hukum dengan tegas dan terukur (melanggar peraturan)," lanjutnya.

Menurutnya, sudah sepantasnya penyampaian pendapat di muka umum dilindungi oleh undang-undang. Namun, yang terpenting harus tetap mengikuti aturan yang berlaku.

"Tidak boleh di negara ini orang-orang melakukan tindakan yang anarkis. Tindakan yang tidak sesuai ketentuan berlaku, negara kita adalah negara hukum," paparnya

Eddy memastikan, secara keseluruhan kondisi Jakarta aman dan terkendali. Begitu juga massa yang dua hari lalu memenuhi kawasan sepanjang Jalan MH Thamrin kini berangsur-angsur pulang.

"Sampai dengan hari ini, relatif kondusif. Tidak ada hal-hal yang menonjol yang terjadi," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More