Kamis 23 Mei 2019, 10:45 WIB

Destinasi Wisata Panen Rezeki

Dhika Kusuma Winata | Mudik
Destinasi Wisata Panen Rezeki

MI/Ardi Teristi Hardi
Menteri Pariwisata Arief Yahya

MENTERI Pariwisata Arief Yahya mengatakan libur Ramadan dan Lebaran menjadi momentum bagi upaya pemerataan ekonomi masyarakat di daerah yang dilewati pemudik. Akan terjadi pergerakan puluhan juta orang saat mudik.

"Saat memasuki liburan Idul Fitri, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 20 juta sehingga periode Ramadan dan Lebaran bisa terjadi pergerakan 30 juta wisatawan Nusantara," kata Arief di Jakarta, kemarin.

Ia memperkirakan pergerakan uang selama Ramadan-Lebaran mencapai Rp800 ribu per orang untuk sekali kunjungan ke destinasi wisata. Sedikitnya akan ada perputaran uang Rp200 triliun dari wisatawan domestik.

Menurutnya, perputaran uang sebanyak itu positif untuk pemerataan ekonomi. Pihaknya akan turut meramaikan musim libur Lebaran tahun ini dengan mengadakan program Pesona Mudik 2019.

Program yang diluncurkan Kemenpar untuk menyambut mudik Lebaran 2019 serta libur hari raya Idul Fitri 1440 H itu terdiri atas beberapa kegiatan, yaitu Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019, Info Top 1 Kuliner, dan Top 10 Destinasi Mudik, serta Pesona Mudik 2019 Co-Branding.

Selain itu, ada pula promosi tempat destinasi dan kuliner yang masuk ke Top 10 Kuliner dan Top 10 Destinasi yang dipilih berdasarkan kombinasi nilai dari aplikasi TripAdvisor, Google Maps, dan Google Local Guide.

"Sebagian besar dampaknya pergerakan mudik masyarakat akan ke sektor pariwisata. Karena saat mudik orang-orang pasti berburu kuliner dan tempat wisata akan penuh. Saya prediksi 60%-70% ke pariwisata," tukas Arief.

Berkenaan dengan hal itu, Bank Indonesia Denpasar menyiapkan penukaran uang kecil senilai Rp4,4 triliun untuk kebutuhan uang kecil selama bulan Ramadan dan menjelang liburan Lebaran.

Kepala BI Denpasar Causa Imam Karana menjelaskan pecahan uang kecil itu disiapkan bagi warga yang ingin menukarkan uang kecil untuk kebutuhan Lebaran. Uang pecahan yang disiapkan ialah pecahan Rp50 ribu, Rp20 ribu, dan Rp2 ribu. Pecahan Rp50 ribu dan Rp20 ribu sebanyak Rp4,2 triliun dan pecahan kecil Rp1,98 miliar. (Dhk/OL/P-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Paramayuda/foc/18

Puncak Arus Mudik telah Berlalu

👤Hld/Tri/JI/X-7 🕔Minggu 22 Desember 2019, 07:40 WIB
Untuk mengurai kepadatan lalin itu, rekayasa lalin contraflow diperpanjang mulai dari Km 47 hingga Km...
Mi/Permana

Mudik Nataru, Polri Prediksi Lonjakan 40% Mobil di Tol TransJawa

👤Antara 🕔Sabtu 21 Desember 2019, 10:15 WIB
"Banyak masyarakat mudik hari ini. Kenaikan (arus kendaraan) sampai 40%," kata Istiono di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek,...
Medcom.id

75 Ribu Kendaraan Tinggalkan Yogyakarta Hari Ini

👤Patricia Vicka 🕔Sabtu 08 Juni 2019, 11:35 WIB
Peningkatan volume kendaraan yang menuju Jawa Tengah mulai terlihat sejak kemarin Jumat, 7 Juni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya