Jalur Pantura Gresik Buka-Tutup

Penulis: Media Indonesia Pada: Kamis, 23 Mei 2019, 10:30 WIB Mudik
Jalur Pantura Gresik Buka-Tutup

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Pekerja menyelesaikan perbaikan jalur pantura.

DI ruas jalur pantura nasional Deandles di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, diberlakukan sistem buka-tutup. Itu karena adanya sejumlah titik sepanjang jalur alternatif tersebut yang masih diperbaiki.

Pada jalur nasional itu masih banyak jalan yang berlubang dan bergelombang. Terpantau, kemarin, perbaikan jalan ada di sepanjang hutan timur Kecamatan Panceng. Pada titik ini tengah diadakan perbaik-an badan jalan dan saluran drainase.

"Beberapa titik sebelum Ramadan sudah mulai diperbaiki," kata Suwardi, warga Kecamatan Panceng, kemarin. Dengan adanya perbaikan itu, kata dia, arus lalu lintas sepanjang jalur itu diberlakukan buka-tutup sebab pada titik jalan hutan yang berbatasan dengan Desa Surowiti, banyak aktivitas pekerja dan penggunaan alat berat.

Perbaikan pada titik ini karena pada bagian badan jalan sepanjang 150 meter ambles akibat sungai di kawasan tersebut menggerus jalan pada musim penghujan lalu.

Sementara itu, menjelang arus mudik libur Lebaran 1440 Hijriah ini, Polres Karawang, Jawa Barat, mulai menutup U-turn atau putar arah di sepanjang jalan alternatif. Hal itu dilakukan untuk melancarkan pemudik roda dua yang akan melintasi jalur pantura Karawang.

"Mulai 22 Mei kita menutup U-turn, hari ini ada 7 U-turn terlebih dahulu yang kita tutup. Kita targetkan penutupan U-turn ini sebelum 29 Mei nanti," kata Kasatlantas Polres Karawang Ajun Komisaris Bariu Bawana, kemarin.

Bariu mengatakan U-turn yang akan ditutup dari Terminal Tanjungpura, daerah perbatasan dengan Kabupaten Bekasi, hingga Kecamatan Jatisari, perbatasan Kabupaten Subang. "Sebanyak 85 U-turn akan ditutup, sedangkan yang kita buka dan gunakan putar balik yakni sebanyak 7 U-turn," kata Bariu.

Untuk menutup puluhan U-turn, Polres Karawang memasang 117 water barier, 310 cone, 40 railing, 3.720 tolo-tolo, 160 barier beton, dan 30  rambu portabel.

Bariu mengimbau  masyarakat sekitar agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas. "Kami mengimbau masyarakat agar tidak membuka kembali U-turn," pungkasnya. (YK/CS/UL/AS/AU/DW/LD/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More