Supir Dituntut Sehat dan Fit

Penulis: Ferdinand Pada: Kamis, 23 Mei 2019, 10:15 WIB Mudik
Supir Dituntut Sehat dan Fit

ANTARA FOTO/Maulana Surya
Petugas memeriksa kesehatan sopir bus di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019).

PENGELOLA terminal penumpang tipe A Tirtonadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah, menggelar pemeriksaan kesehatan para pengemudi bus.

Kegiatan yang melibatkan Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) itu dalam rangka persiapan angkutan Lebaran 2019. "Ini untuk memastikan pengemudi laik mengemudikan kendaraannya," kata Koordinator Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto di Surakarta, kemarin.

Joko menegaskan pengemudi memikul tanggung jawab besar karena menyangkut keselamatan orang. Pemeriksaan meliputi tekanan darah, gula darah, paru-paru, serta kandungan alkohol dan narkoba dalam darah. Hasil pemeriksaan itu diberikan dalam bentuk rekomendasi kepada Pengelola Tirtonadi untuk ditindaklanjuti apakah pengemudi laik atau tidak.

Pengemudi yang dinyatakan laik mendapatkan surat keterangan dari petugas, sedangkan yang tidak laik diberikan pengobatan atau dirujuk ke fasilitas kesehatan untuk ditangani lebih lanjut. "Sejauh ini kami belum mendapati pengemudi yang mengidap penyakit serius atau narkoba. Paling banyak hipertensi dan diabetes," kata petugas medis dari DKK, Sunaryo.

Menurutnya, kedua jenis penyakit itu dipicu oleh faktor kelelahan, kurang tidur, kurang olahraga, dan juga pola hidup yang tidak teratur. Dia menyarankan para pengemudi lebih memperhatikan istirahat dan menjaga pola makan.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur dan Polres Cianjur, Jawa Barat, terpaksa mengandangkan satu unit angkutan umum antarkota antarprovinsi (AKAP). Pengemudi angkutan umum itu tak bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan saat dilakukan ramp check di Terminal Pasirhayam. "Pajak kendaraannya juga sudah habis. Jadi, kami terpaksa mengandangkan dulu unitnya," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Cianjur, Joni.

Pemeriksaan kendaraan angkutan umum dilakukan untuk memastikan layak atau tidaknya beroperasi. Pemeriksaan meliputi administrasi berupa kelengkapan surat-surat kendaraan serta cek fisik berupa fungsi rem, mesin, dan lainnya. (FR/BB/P-3

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More