Ada Aksi Kemanusiaan di Tengah Kericuhan

Penulis: Media Indonesia Pada: Kamis, 23 Mei 2019, 06:30 WIB Politik dan Hukum
Ada Aksi Kemanusiaan di Tengah Kericuhan

MI/Susanto
Anggota Korps Brigade Mobil (Brimob) berbuka puasa di sela-sela tugas mereka untuk mengamankan unjuk rasa di depan Gedung Bawaslu

KERICUHAN yang berlangsung di tengah unjuk rasa menolak penetapan hasil Pemilu 2019 tidak menghalangi aparat keamanan menjalankan tugas kemanusiaan.

Sejumlah personel Polri-TNI yang berjaga di Jalan MH Thamrin, Jakarta, kemarin malam, misalnya, terlihat mengevakuasi seorang perempuan peserta aksi yang pingsan akibat kelelahan.   

Tampak seorang aparat keamanan dengan sigap mengangkat perempuan tersebut dan membawanya ke mobil ambulans untuk segera mendapatkan perawatan.   

Aksi heroik itu pun menuai simpati massa peserta aksi. Mereka berkali-kali meneriakkan dukungan bagi aparat keamanan yang bersiaga.  

Melihat aksi simpatik petugas keamanan tersebut, massa pun tersentuh. Mereka yang berada di Jalan MH Thamrin dari arah Bundaran HI pun melanjutkan aksi dengan damai, tertib, dan taat aturan.   

Koordinator massa pun berkali-kali mengingatkan bahwa aksi mereka aksi damai dan meminta peserta tidak terprovokasi dan tidak menyerang prajurit TNI dan aparat kepolisian.

"Aparat menjaga aksi kita. Aksi kita damai," teriak seorang koordinator aksi.

Sebelumnya, tatkala waktu berbuka puasa tiba, baik massa aksi maupun petugas keamanan pun berbuka puasa bersama. Hal itu terlihat di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, kemarin petang.   

Meskipun mereka berbuka dalam kelompok masing-masing dan tidak saling berbaur, terlihat ketegangan di antara kedua kelompok memudar. Seorang demonstran pun menyapa polisi, "Selamat berbuka, Pak." Polisi pun membalas sapaan itu dengan hangat, "Terima kasih, Bu."    

Di depan Gedung Bawaslu, massa aksi dan polisi juga terlihat berbuka puasa bersama meskipun kedua kelompok itu dipisahkan kawat berduri.

Sebagian peserta aksi ada yang hanya membawa bekal berupa makanan kecil. Sejumlah personel TNI pun terpanggil untuk membagikan makanan dan air mineral kepada mereka.

Selesai berbuka puasa, mereka melakukan salat berjemaah. Ketika peserta aksi di kawasan itu menunaikan salat Isya dan tarawih berjemaah, petugas pun menarik mundur tameng-tameng besi untuk memperluas tempat bagi peserta aksi melaksanakan salat. (Ant/X-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More