Timnas Senior Tambah Armada

Penulis: Achmad Maulana Pada: Kamis, 23 Mei 2019, 02:45 WIB Sepak Bola
Timnas Senior Tambah Armada

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pelatih timnas senior Indonesia Simon McMenemy (tengah) menyampaikan arahan kepada para pesepak bola timnas senior Indonesia

PELATIH tim nasional senior Indonesia, Simon McMenemy, resmi mengumumkan nama-nama pemain yang akan memperkuat timnya untuk menghadapi pertandingan persahabatan melawan Yordania pada 11 Juni mendatang dan Vanuatu empat hari berselang (15/6). Tercatat ada 25 pemain yang dipanggil mantan pelatih Bhayangkara United itu.

Selanjutnya, para pemain yang dipanggil tersebut akan berlatih di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Mereka sengaja diberikan porsi latihan pada malam hari karena sebagian besar menjalani ibadah puasa hingga petang hari. Ini juga sebagai proses adaptasi karena laga uji coba direncanakan bermain malam hari.

“Para pemain akan berkumpul mulai 30 Mei. Namun, ada pemain yang baru bergabung pada 1 Juni. Proses latihan kami mulai dari 31 Mei. Kami beren­cana berangkat ke Yordania pada 6 Juni mendatang,” ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Yang menarik dari daftar 25 pemain yang dipanggil itu, Simon McMenemy mengundang gelandang PSM Makassar, Marc Anthony Klok. Padahal, Klok saat ini masih dalam proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

McMenemy berkilah cara itu sudah pernah dia terapkan saat memanggil bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, jelang menghadapi Myanmar pada Maret lalu.

Sementara itu, dari daftar yang ada akhirnya ada beberapa pemain yang mendapatkan panggilan kembali ke timnas Indonesia setelah absen cukup lama. Di antaranya Irfan Bachdim, Ramdani Lestaluhu, Ricardo Salampessy, serta Achmad Jufriyanto.

Persija menjadi tim terbanyak yang menyumbangkan pemain untuk TC kali ini. Selain Ramdani, ada Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, dan Riko Simanjuntak.

“Khusus Marc Klok, kami tim pelatih ingin melihat secara langsung dia berlatih bersama dengan timnas Indonesia,” ujar McMenemy.

Sesuai kebutuhan
Berbeda dengan timnas senior, timnas U-16 Indonesia justru sudah melakukan seleksi tahap pertama. Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, memulangkan 13 pemain dari 41 pemain yang mengikuti pemusat­an latihan (TC) di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Sebanyak 13 pemain tersebut terpaksa dipulangkan karena tidak masuk dalam rencana  Bima, setelah dilihat secara mendalam beberapa hari terakhir. Salah satu pemain yang dipulangkan yakni Tristan Alif, yang sempat membuat sensasi dan dijuluki Lionel Messi Indonesia.

“Dia (Tristan) punya teknik dan skill yang bagus, tapi beberapa kali di momen tertentu dia lambat dalam mengambil keputusan kapan passing kapan dribbling, jadi dia sering hilang bola,” ujar Bima.

Bima pun meminta agar Tristan tetap bersemangat. Dia meyakini Tristan memiliki peluang untuk mengembangkan bakatnya dan menjadi pemain timnas di masa depan.

“Dia punya prospek bagus, semoga dia bisa lebih baik dari sebelumnya dan kami akan selalu pantau dia, apalagi saya dengar dia akan trial di luar negeri, akan lebih bagus untuk pengalaman dia.”

Timnas U-16 Indonesia disiapkan untuk menghadapi ajang Piala AFF U-15 2019. Di ajang tersebut, Indonesia berada di Grup A bersama dengan Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, dan Filipina. Ajang tersebut akan berlangsung di Kota Chonburi, Thailand. (Ant/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More