Dorong Pengembangan Riset dan SDM, Sampoerna Gandeng Kampus

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Rabu, 22 Mei 2019, 20:18 WIB Humaniora
Dorong Pengembangan Riset dan SDM, Sampoerna Gandeng Kampus

Antara
Presdir PT HM Sampoerna Tbk Mindaugas Trumpaitis (kiri) dan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti Jumain Appe.

PERAN serta industri dibutuhkan dalam pengembangan sumber daya manusia dan riset di perguruan tinggi. Oleh karena itu, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) melakukan perjanjian kerja sama dengan PT HM Sampoerna Tbk dalam penelitian dan pengembangan nilai tambah produk tembakau.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti Jumain Appe mengatakan, Sampoerna akan menggandeng politeknik dan universitas negeri yang ditunjuk oleh pemerintah. Sampoerna akan memberikan pelatihan teknis atau ilmiah yang terkait dengan tembakau.

Baca juga: Usai Jokowi Deklarasi, Pembangunan Kampung Deret Dilanjutkan

"Sampoerna punya pabrik cukup besar di Malang, fasilitasnya untuk produksi dan penelitian. Nantinya akan bekerja sama dengan badan penelitian dan pengembangan khususnya di bidang teknik kimia. Selain itu, industri juga salah satu tempat pengembangan sumber daya manusia melalui internship (magang)," terangnya setelah menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerja sama di Kantor Kemenristek Dikti, Jakarta, Rabu (22/5).

Hadir dalam acara itu, Presiden Direktur Sampoerna Mindaugas Trumpaitis.

Menurutnya Jumain, program tersebut sejalan dengan upaya pemerintah mendorong industri untuk berkontribusi dalam riset dan pendidikan. Adapun intensif yang diberikan pada industri yang berperan dalam kegiatan litbang akan mendapatkan pengurangan pajak (tax deduction).

Dalam kerja sama ini, kedua belah pihak berharap ada inovasi yang dihasilkan seperti nilai tambah untuk produk tembakau. Pada kesempatan yang sama, Mandaugas mengatakan industri tembakau tengah menuju ke arah pengembangan yang berbasis sains dan ilmu pengetahuan. "Riset dan pengembangan bagian penting dari bisnis kami," ucapnya.

Terkait kerja sama, ia juga menyatakan pihaknya akan menyiapkan hal-hal yang menunjang riset seperti laboratorium independen. Selain itu, dukungan pelatihan dan kewirausahaan akan diberikan untuk organisasi yang dibina oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemeristek Dikti. (Ind/A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More