Argentina masih Percaya Sihir Messi

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Kamis, 23 Mei 2019, 02:15 WIB Sepak Bola
Argentina masih Percaya Sihir Messi

BENJAMIN CREMEL / AFP
Pelatih Argentina Lionel Scaloni

ARSITEK Argentina, Lionel Scaloni, sudah mengumumkan 23 nama pemain yang akan ia boyong ke turnamen Copa America 2019 yang akan berlangsung di Brasil pada 14 Juni hingga 7 Juli mendatang.

Dari 23 nama tersebut, Scaloni memasukkan nama megabintang Barcelona Lionel Messi dan striker Manchester City, Sergio Aguero, serta pemain sayap Paris Saint-Germain Angel di Maria.

Messi sebenarnya baru kembali ke skuat Argentina pada Maret lalu setelah absen delapan bulan sejak Piala Dunia di Rusia. Ia akan berusia 32 tahun saat melakoni laga nanti.

Sebaliknya, Scaloni tidak mencantumkan nama striker pinjaman Chelsea Gonzalo Higuain dan penyerang Inter Milan, Mauro Icardi. Scaloni lebih memilih membawa rekan setim Icardi di Inter Milan, Lautaro Martinez, dan penyerang River Plate, Matias Suarez, walaupun keduanya terbilang minim pengalaman bersama ‘tim Tango’.

Martinez baru enam kali bermain untuk Argentina, sedangkan Suarez mencatatkan dua caps di ajang internasional. Sebaliknya, Icardi kurang bersinar musim ini karena persoalan cedera dan konflik dengan Inter.

“Ini ialah pemain terbaik dalam waktu yang penting bagi tim nasional. Membuat semua orang bahagia itu sulit,” ujar Scaloni.

Pada kompetisi sepak bola terbesar di Benua Amerika itu,  Argentina akan tergabung di Grup B bersama Kolombia, Paraguay, dan tamu sekaligus tuan rumah Piala Dunia 2022 dan juara Asia, Qatar.

Argentina belum pernah memenangi Copa America, atau turnamen internasional besar apa pun sejak 1993. Itu sebabnya bersama Scaloni mereka berhasrat memenangi Copa America 2019. Dalam dua gelaran sebelumnya, mereka selalu kalah di partai final dari Cile lewat adu penalti.

Pemain debutan
Kontras dengan Scaloni, arsitek Prancis Didier Deschamps melakukan eksperimen besar dengan memanggil tiga pemain debutan dalam daftar 24 pemain yang memperkuat timnya menghadapi laga persahabatan melawan Bolivia pada 2 Juni dan pertandingan kualifikasi Grup H Piala Eropa 2020 melawan Turki pada 8 Juni serta Andorra tiga hari berselang.

Salah satu pemain debutan yang dipanggil ialah bek tengah Barcelona, Clement Lenglet. Dua pemain debutan lain yang dipanggil Deschamps, yakni bek kanan Lyon, Leo Dubois, dan kiper Lille, Mike Maignan.

Sebaliknya, ia tidak memasukkan kiper Marseille, Steve Mandanda, serta kapten  Hugo Lloris yang harus memperkuat klubnya Tottenham Hotspur karena akan bertanding di final Liga Champions melawan Liverpool.

“Inilah pilihan untuk saat ini. Steve (Mandanda) ada sedikit masalah dengan klubnya selain cedera. Selain itu, performanya juga tengah menurun,” cetus Deschamps.

Deschamps percaya perubahan kecil itu tidak akan memengaruhi kekuatan Prancis. Ia juga mengaku tidak mudah untuk memilih pemain, salah satunya ketika memilih Leng­let ketimbang pemain Manchester City, Aymeric Laporte.

“Saya sudah memilih dari apa yang saya lihat. Clement punya teknik yang bagus. Saya memilih dia karena dia punya kualitas,” cetus Deschamps.

Untuk lini depan, ia masih mempercayakan kepada Wissam Ben Yedder (Sevilla), Kingsley Coman (Bayern Muenchen), Olivier Giroud­ (Chelsea), Antoine Griezmann dan Thomas Lemar (Atletico Madrid), Kylian Mbappe (PSG), serta Florian Thauvin (Marseille). (AFP/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More