Rabu 22 Mei 2019, 17:14 WIB

Wapres Minta Prabowo dan Sandi Tenangkan Massa

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Wapres Minta Prabowo dan Sandi Tenangkan Massa

Antara
Wapres Jusuf Kalla (tengah)

 

WAKIL Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh tokoh bangsa menenangkan masyarakat terkait dengan penolakan hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2019. Peran dari para tokoh sangat diperlukan agar kericuhan atas aksi pada 22 Mei di Jakarta tidak meluas.

“Semua pemimpin bangsa termasuk Pak Prabowo, Pak Sandi untuk ikut serta untuk menenangkan masyarakat itu. Pemimpin bangsa ini harus menenangkan, bila terjadi kerusuhan masyarakat juga yang kena, seperti Peristiwa 98," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (22/5).

Terkait dengan situasi politik di Tanah Air saat ini, JK mengharapkan segera terjadi dialog dan juga pembicaraan yang menenangkan masyarakat oleh para elite. Masyarakat, kata JK, juga diharap tetap tenang.

Baca juga: Presiden Jokowi: Tidak Ada Ruang bagi Perusuh

Menurut JK, dia akan secepatnya melakukan pembicaraan agar dilakukan pertemuan tokoh-tokoh bangsa. Tentu ini dilakukan untuk membuka ruang dialog.

"Secepatnya, ada pertemuan tokoh-tokoh. Untuk berdialog," katanya.

Secara khusus dia juga menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya korban pada Aksi 22 Mei tersebut.

“Saya prihatin atas kejadian ini, dan saya juga menyampaikan duka cita kepada korban yang meninggal juga yang luka-luka," kata JK.

Wapres menyayangkan unjuk rasa yang awalnya berlangsung damai menjadi rusuh hingga terdapat korban meninggal pada Selasa (21/5) malam hingga Rabu dini hari.

"Aksi demo dengan damai itu kami sambut dengan baik, seperti semalam sebenarnya, mudah-mudahan disambut dengan baik. Akan tetapi, kemudian terjadilah peristiwa tengah malam itu," katanya. (Mal/A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More