Ida Farida yang Viral Ingin Jual Ginjal akan Dapat Bansos PKH

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Rabu, 22 Mei 2019, 16:24 WIB Humaniora
Ida Farida yang Viral Ingin Jual Ginjal akan Dapat Bansos PKH

MI/Cikwan Suwandi
Petugas Kemensos melakukan survei kepada rumah Ida Farida di Karawang, Jawa Barat.

PEMERINTAH memastikan warga Kawarang, Jawa Barat, Ida Farida, 54, akan mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan telah Kementerian Sosial menelusuri keberadaan ida melalui pekerja sosial (Peksos) supervisor guna memberikan bantuan.

"Laporan dari Peksos supervisor menyebutkan ibu Ida memenuhi syarat untuk masuk dalam PKH karena yang bersangkutan ada tanggungan lansia," tegas Mensos di Jakarta, Rabu (22/5).

Beberapa waktu lalu, Ida membawa spanduk bertuliskan 'Dijual Ginjal Demi Sesuap Nasi' di seputaran Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Agus mengatakan Ida terlilit utang bank keliling dengan bunga yang sangat besar. Hal itu membuat ia tidak bisa berjualan lagi.

"Kondisi perekonomian Ida Farida sangat memprihatinkan karena untuk saat ini sudah habis modal dan tidak bisa berjualan soto lagi karena terlilit utang bank emok dan bank keliling. Dia juga mempunyai anak tamatan SMK namun masih menganggur. Tentu ini harus kita pikirkan jalan keluarnya," tambahnya.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan, PKH yang diberikan untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu di Indonesia. Masyarakat penerima PKH juga diberikan bekal untuk dapat keluar dari masalah kemiskinan.

Baca juga: Sindikat Ginjal Kelabui RS

"Dalam program PKH keluarga penerima manfaat diberikan edukasi bagaimana bisa memperbaiki perekonomian mereka melalui pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2)," kata Harry.

Harry mencontohkan salah satu materi yang diberikan dalam P2K2 tersebut adalah bagaimana melalukan pengelolaan keuangan keluarga.

"Dalam kasus Ida, nanti yang bersangkutan akan diberikan edukasi bagaimana mengelola modal dan keuangan supaya tidak terlilit utang lagi," tambah Harry.

Selain akan menerima PKH, Ida juga akan mendapatkan bantuan pangan non tunai (BPNT). (X-15)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More