Bali jadi Tuan Rumah PostgreSQL Conference Asia 2019

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Rabu, 22 Mei 2019, 15:50 WIB Weekend
Bali jadi Tuan Rumah PostgreSQL Conference Asia 2019

dok. PostgreSQL
PostgreSQL

PostgreSQL Conference atau PGConf.ASIA 2019 bakal dihelat di Indonesia sebagai bentuk apresiasi pesatnya popularitas PostgreSQL di Tanah Air. Konferensi internasional tahunan tersebut akan membahas praktik terbaik PostgreSQL bagi dunia bisnis, termasuk keamanannya. Sebagai Open Source Relational Database Management Systems (RDBMS), PostgreSQL telah menjadi sebuah pilihan utama sistem database kritikal kelas korporasi dan menjadi alternatif yang lebih baik daripada solusi sistem database komersial berbayar.

Selama dua tahun berturut-turut, PostgreSQL berhasil mempertahankan posisi puncak sebagai database dengan pertumbuhan tercepat di dunia menurut DB-Engines. Di sisi popularitas, DB-Engines melaporkan  database open source mengalami peningkatan popularitas setiap tahunnya sejak 2013 dan telah menggerus pangsa pasar database komersial. Meskipun database komersial masih memimpin pasar, database open source menunjukkan tren penguatan untuk menjadi mayoritas dalam tempo 12-18 bulan mendatang.

Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan PGConf.ASIA 2019, pasalnya ajang tahunan tersebut biasanya diselenggarakan di Jepang. Perhelatan tersebut digadang-gadang akan mempertemukan para pengguna, pengembang, dan para ahli PostgreSQL, memaparkan jajaran fitur baru PostgreSQL, studi kasus, kisah sukses, dan praktik terbaik saat menggunakan PostgreSQ.

Perhelatan pada 9-12 September di Bali itu mengusung tema Saat bisnis bertemu Hacker. Pertemua itu akan membahas tentang ragam metode pengoprekan dan mengidentifikasi kerentanan dalam sistem database guna meningkatkan keamanan di lingkungan bisnis. Diperkirakan sekitar 400 peserta dari seluruh dunia akan menghadiri pertemuan ini.

“Masyarakat bisnis Indonesia telah siap mengadopsi PostgreSQL dengan lebih mendalam. Indonesia membutuhkan open source untuk memperkuat perekonomian, menghemat biaya, dan menjamin integritas data serta keamanan. Perlu adanya dukungan semua pihak terutama kalangan enterprise dan pemerintah,” kata CEO PT Equinix Business Solutions, Julyanto Sutandang dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia Selasa (21/5).

Lebih lanjut Julyanto menambahkan Equnix berkontribusi sebagai implementator PostgreSQL terbanyak di Indonesia pada beragam sektor eksklusif seperti perbankan, finansial, industri, dan lainnya yang telah memahami performa tinggi PostgreSQL sebagai sistem database.

“Kami sangat berharap perhelatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pihak Pemerintah, maupun kalangan enterprise di Indonesia," pungkas Julyanto. (M-3)

Baca juga : Tips Memenangkan Lapak saat Ramadan

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More