Rabu 22 Mei 2019, 14:30 WIB

Kominfo: Konten Ujaran Kebencian, Dihapus Jangan Disebarkan

Antara | Humaniora
Kominfo: Konten Ujaran Kebencian, Dihapus Jangan Disebarkan

Ist
Ilustrasi Medsos

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika meminta masyarakat Indonesia tidak menyebarkan konten yang memuat aksi kekerasan dan ujaran kebencian menyusul aksi massa yang terjadi hari ini.   

"Dampak penyebaran konten berupa foto, gambar atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan aksi kekerasan, yaitu membuat ketakutan di tengah masyarakat," demikian pernyataan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu (23/5).

Baca juga: Wapres Upayakan Dialog dengan Para Tokoh untuk Tenangkan Kondisi

Kominfo mengimbau warganet yang mendapatkan konten kekerasan atau ujaran kebencian untuk segera menghapusnya dan tidak menyebarluaskan konten tersebut, apalagi membuatnya viral, dalam media apa pun.    

Berdasarkan temuan Kominfo, konten yang ditemukan berkaitan dengan aksi 22 Mei berupa video aksi kekerasan, kerusuhan hingga hoaks video lama yang diberi narasi baru.    

Kominfo mengimbau semua pihak terutama warganet untuk menyebarkan informasi yang menyebarkan kedamaian serta menghindari penyebaran konten atau informasi yang bisa membuat ketakutan pada masyarakat atau pun berisi provokasi dan ujaran kebencian kepada siapa pun.

Konten video yang mengandung aksi kekerasan, hasutan yang provokatif serta ujaran kebencian mengandung SARA tergolong konten yang melanggar UU ITE.    

Jika mendapatkan konten-konten yang mengandung kekerasan dan ujaran kebencian, warganet dapat melapor ke akun Twitter resmi @aduankonten dan situs aduankonten.id. (Ant/OL-6)

 

Baca Juga

medcom.id

Penerapan New Normal, IDI: Harus Ada Timing Tepat

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:36 WIB
Daeng mengatakan, fase new normal diterapkan saat kurva penularan minim. Data basic reproduction number (R0) / basic reproductive rate (Rt)...
Antara/Akbar Nugroho Guma

Tetap Produktif Meski di Rumah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:20 WIB
Penggiat media sosial Taqy Malik berbagi pengalaman saat harus di rumah di tengah pandemi virus covid-19 yang sedang...
MI/Ramdani

Tiga Jurus NRC Perkuat Media Group News 

👤Ade Alawi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 13:55 WIB
News Research Center (NRC) diharapkan memainkan perannya tidak hanya menyuplai data riset melainkan sebagai think thank (tangka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya