Gus Sholah: Aksi Demo di Bawaslu tidak Terkait Gerakan Bela Islam

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Rabu, 22 Mei 2019, 13:47 WIB Politik dan Hukum
Gus Sholah: Aksi Demo di Bawaslu tidak Terkait Gerakan Bela Islam

ANTARA/Eric Ireng
Sholahuddin Wahid

PENGASUH Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang Jawa Timur, KH Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah mengangkat suara terkait demonstrasi yang menolak hasil pemilu 2019 di depan kantor Bawaslu, Jakarta Pusat.

Ia menampik aksi demonstrasi di depan Bawaslu ITU sebagai gerakan aksi bela Islam. Menurutnya, aksi demonstrasi di depan Bawaslu, hingga kini, tidak ada kaitannya sama sekali dengan aksi bela agama.

“Ini nggak ada kaitan dengan bela Islam. Peserta pemilu keduanya Islam. Kiai Ma'ruf kurang Islam apa? Jadi, ini nggak ada hubungan dengan agama. Ini hanya soal ketidakpuasan terhadap hasil pilpres 2019," kata Gus Sholah dalam keterangan resmi, Rabu (22/5).

Adik Gus Dur ITU menyinggung juga terkait aktor intelektual di balik peristiwa ini. Hanya saja berita yang dia terima masih bersifat tidak pasti.

Ia tidak memastikan apakah demonstrasi ini digerakkan atau tidak digerakkan. Ia berharap korban luka tidak bertambah.

Baca juga: Komisi I DPR Minta Kubu 02 Imbau Pendukung Hentikan Aksi

“Karena tidak tahu siapa yang menggerakkan demo. Kita berharap tidak timbul korban lebih banyak lagi. Mudah-mudahan tidak ada korban banyak," ujar Gus Sholah.

Gus Sholah mengharapkan aparat keamanan untuk mengutamakan pendekatan yang manusiawi agar tidak ada lagi korban jatuh. Menurutnya, jumlah korban harus distop.

“Jangan sampai ada korban lagi. Sampai sekarang korbannya belum diketahui berapa banyak. Harus distop korban lagi. Polisi harus hati-hati karena sikap tidak suka terhadap polisi sangat tinggi," sebutnya.

Gus Sholah mengajak masyarakat mengambil sikap waspada. Ia mengajak masyarakat Jakarta terutama untuk menjaga keamanan di wilayah masing-masing. Pasalnya, demonstrasi kekecewaan atas hasil pemilu 2019 terpusat di Jakarta.

“Kalau masyarakat kalau tidak perlu nggak usah keluar rumah. Cuma yang demo ini kan memang mereka yang punya tujuan demo. Bahkan ada yang bilang bahwa yang demo dari luar Jakarta,” terangnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More