Rabu 22 Mei 2019, 14:30 WIB

Koscielny Kritik UEFA Soal Mkhitaryan

Patrick Pinaria | Sepak Bola
Koscielny Kritik UEFA Soal Mkhitaryan

AFP/Glyn KIRK
Laurent Koscielny

 

GELANDANG Arsenal Henrikh Mkhitaryan absen saat menghadapi Chelsea pada babak final Liga Europa 2018--2019, Kamis (30/5) dini hari WIB. Konflik politik antara Armenia dan Azerbaijan menjadi alasan utama ia tidak tampil di laga tersebut.

Armenia terlibat konflik dengan Azerbaijan dalam perebutan wilayah Nagorno-Karabakh. Gara-gara konflik itu, Mkhitaryan sebagai warga kelahiran Armenia tidak mendapat izin visa untuk terbang ke negara Azerbaijan. Mengingat, laga final itu digelar di salah satu wilayah Azerbaijan, Baku.

UEFA sejatinya sudah memberi izin khusus kepada Mkhitaryan untuk datang ke negara tersebut, hanya untuk tampil bersama Arsenal melawan Chelsea di final Liga Europa. Bahkan, induk dari persepakbolaan Eropa itu memberikan jaminan keamanan untuk Mkhitaryan.

Namun, pemain berusia 30 tahun tersebut memutuskan untuk absen. Ia tetap tidak ingin mengambil risiko tampil di laga tersebut.

Baca juga: Khawatir akan Keselamatan, Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa

Situasi rumit yang dialami Mkhitaryan mendapat perhatian dari rekan setimnya di Arsenal, Laurent Koscielny. Bek asal Prancis tersebut lantas mengkritik UEFA karena memilih negara Azerbaijan untuk menggelar laga final Liga Europa.

"Saya tidak senang melihat situasi ini. Pertama karena kami harus meninggalkan satu pemain dan tidak bisa tampil di final," ujar Koscielny.

"Saya pikir UEFA seharusnya mengetahui terlebih dulu berbagai masalah politik yang terjadi di negara ini. Ketika negara ini punya konflik dengan negara lain, mereka seharusnya tidak memilih negara tersebut untuk menggelar final," tambahnya.

"Bagi kami, situasi ini sulit diterima karena kami ingin membawa Mkhitaryan bersama kami. Ia adalah pemain penting bagi kami," tutur Koscielny.

Mkhitaryan memang menjadi pemain penting bagi Arsenal sejak bergabung pada bursa transfer Januari 2017. Sejauh ini, ia sudah diberi kepercayaan tampil sebanyak 53 kali di seluruh kompetisi. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More