Rabu 22 Mei 2019, 12:59 WIB

Trump Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Sonya Michaella | Internasional
Trump Ucapkan Selamat untuk Jokowi

AFP/SAUL LOEB
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden AS Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo atas kesuksesan pemilu Indonesia dan terpilihnya kembali sebagai presiden untuk kali kedua. Ucapan selamat disampaikan lewat sebuah surat.

Dalam surat tertanggal Selasa (21/5) tersebut, Trump menyampaikan bahwa Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi bangsa-bangsa lainnya.

Selain itu, Presiden AS ke-45 tersebut menegaskan kembali komitmennya untuk terus memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan," tulis Trump kepada Jokowi, seperti keterangan pers dari KBRI Washington DC, Rabu (22/5).

Baca juga: Jokowi Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Inggris

Trump juga menambahkan bahwa perkembangan demokrasi di Indonesia dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini sangat luar biasa.

"Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80% merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia," lanjut Trump.

Trump juga menyampaikan rasa bangganya atas Kemitraan Strategis yang telah terjalin antara AS dan Indonesia, yang merupakan dua negara demokrasi terdepan di dunia. Ia menyambut baik kepemimpinan Indonesia di ASEAN, Dewan Kemanan PBB serta organisasi-organisasi lainnya.

"Indonesia dan AS memiliki kesamaan pandangan terhadap isu kawasan dan pentingnya penegakan hukum serta pelindungan kebebasan hak-hak fundamental," tutur Trump lagi.

Menutup suratnya, Trump menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat kerja sama kedua negara.

"Saya berkomitmen meningkatkan hubungan kerja sama kita untuk meraih potensi yang sangat besar dalam hubungan dua negara demokrasi," ujarnya.

Hasil rekap dalam berita acara yang dibacakan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, Jokowi-Ma'ruf memeroleh 85.607.362 (55,50%) suara sementara paslon Prabowo-Sandi memeroleh 68.650.239 (44,50%) suara. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More