Rabu 22 Mei 2019, 13:25 WIB

Tinjau Lokasi Kerusuhan, Kesigapan Anies Dipuji

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Tinjau Lokasi Kerusuhan, Kesigapan Anies Dipuji

MEDCOM/CINDY
Pengamat politik Ujang Komarudin.

 

PENGAMAT Politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin, menilai tidak tepat jika menyalahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, atas tidak kondusifnya ibu kota saat ini.

"Tidak bisa disalahkan kepada seorang Gubernur. Gubernur tak punya kewenangan untuk menahan orang-orang untuk berdemonstrasi. Kepolisian juga bukan berada di bawah Gubernur," ujar Ujang saat dihubungi, Rabu (22/5).

Baca juga: Wiranto: Pemerintah Sudah Tahu Dalang Aksi Kericuhan 22 Mei

Selain itu, kata Ujang, Anies dinilai sigap dalam mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah petugas-petugasnya dari berbagai kemungkinan. "Jadi tudingan tidak  berdasar itu tidak memiliki nilai yang disematkan kepada Gubernur Anies," jelas Ujang.

Ujang juga meminta, agar semua pihak dapat menahan diri untuk tidak saling menyalahkan. "Karena kita juga harus jaga negara ini agar aman dan damai," papar Ujang.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu sosok yang disalahkan atas kericuhan yang terjadi usai aksi di sekitar gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Tanah Abang, Jakarta, dini hari tadi.

Padahal, Anies sendiri pagi tadi langsung meninjau kondisi terkini dikawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang memang menjadi lokasi demonstrasi sejak Selasa (21/5) malam.

Anies pun melakukan peninjauan fasilitas kesehatan Mobil Ambulans Gawat Darurat (AGD) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta yang  bersiap siaga serta memastikan kondisi keamanan dan kebersihan di ruas jalan tersebut. (RO/OL-6)

 

Baca Juga

Dok Kejagung

Kejagung Periksa Pejabat OJK Dalami Kasus Jiwasraya

👤RO/Micom 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:22 WIB
keterangan 4 pejabat OJK dianggap perlu untuk mengetahui proses pengawasan pengelolaan investasi...
MI/M Soleh

Soal Djoko Tjandra, MAKI Akan Laporkan Imigrasi ke Ombudsman

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 02 Juli 2020, 12:51 WIB
MAKI akan melaporkan ke Ombudsman kemungkinan maladministrasi atas bobolnya sistem kependudukan dan paspor pada sistem imigrasi yang...
MI/Ramdani

OJK Ogah Berspekulasi Terkait Kemarahan Presiden

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 02 Juli 2020, 12:25 WIB
Disebut sebagai sumber kemarahan Presiden, OJK enggan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya