Rabu 22 Mei 2019, 08:31 WIB

Presiden Korsel Sampaikan Selamat untuk Jokowi

Sonya Michaella | Internasional
Presiden Korsel Sampaikan Selamat untuk Jokowi

AFP/KIM HONG-JI
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Presiden Korsel Moon Jae-in.

 

PRESIDEN Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo dalam gelaran pemilihan presiden 2019 ini.

Dikatakan Duta Besar Korsel di Indonesia, Kim Chang-beom, Moon berharap agar hubungan antara Korsel dan Indonesia terus dikembangkan di sejumlah aspek.

"Selamat dari Presiden Moon Jae-in untuk Joko Widodo atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Indonesia. Presiden Moon berharap hubungan kerja sama antara dua negara semakin meningkat," tulis Dubes Kim di akun Twitter pribadinyanya, Rabu (22/5).

Sementara itu, dalam deklarasi kemenangannya, Jokowi bangga atas lancarnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dilakukan secara serentak. Menurut, dia pesta demokrasi tahun ini berhasil dilaksanakan dengan damai.

Baca juga: Presiden dan PM Singapura Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Jokowi menilai kelancaran Pemilu 2019 ini menjadi bukti Indonesia sudah menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi. Untuk itu, pencapaian itu patut diapresiasi seluruh lapisan masyarakat.

KPU menetapkan total pemilih di dalam maupun luar negeri sebanyak 199.987.870 warga. Sebanyak 158.012.506 pemilih menggunakan hak suaranya sehingga bisa dikatakan partisipasi pemilih dalam pilpres mencapai 81,97 persen.

Hasil rekap dalam berita acara yang dibacakan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, Jokowi-Ma'ruf memeroleh 85.607.362 (55,50%) suara sementara paslon Prabowo-Sandi memeroleh 68.650.239 (44,50%) suara. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More