Jumat 24 Mei 2019, 12:00 WIB

Tindakan Anies kepada Korban Kerusuhan Menuai Simpati

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Tindakan Anies kepada Korban Kerusuhan Menuai Simpati

MI/M. Irfan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

PEMERHATI Sosial, M Chozin Amrulloh, menilai tindakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ikut takziyah dan mengangkat keranda korban meninggal kerusuhan Jakarta sebagai bentuk tindakan terpuji.

Lebih lanjut kata dia, menurut NJ Smelser, seorang Sosiolog Teori Kerusuhan Massa, tahap ke-5 yang menentukan adalah soal kontrol sosial, yaitu apakah aparatur negara dan para petugas mampu mengendalikan situasi dan meredam kemarahan serta kekacauan yang terjadi.

Baca juga: MK Terima 258 Gugatan Pileg 2019

"Langkah Anies sudah tepat, bukan sekedar ikut-ikutan angkat keranda dan takziyah, tapi inilah bentuk kontrol sosial untuk mengendalikan dan meredam kemarahan warga," jelas Chozin kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/5).

Menurutnya, kehadiran negara dalam hal ini seorang gubernur diharapkan mendinginkan suasana serta membuat situasi kembali kondusif.

"Ia hadir berseragam mewakili negara dan mewakili aparatur berseragam lainnya. Ia mendinginkan amarah dan mengembalikan akal warga untuk tenang kembali. Ini bukan soal mengangkat keranda, Tapi Ini soal menyejukkan kota,” tandas Chozin. (RO)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More