Selasa 21 Mei 2019, 20:20 WIB

Serikat Petani Minta Pemerintah Fokus pada Agenda Reforma Agraria

mediaindonesia.com | Ekonomi
Serikat Petani Minta Pemerintah Fokus pada Agenda Reforma Agraria

MI/Adam Dwi
Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henry Saragih

 

MESKI dibayangi dengan wacana aksi besar-besaran menolak hasil pemilihan umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan hasil rekapitulasi Pemilu Presiden pada Selasa (21/5) dini hari tadi.

Perolehan suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dengan raihan 85.607.362 suara atau sebesar 55,50%. Sementara perolehan suara paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mendapat 68.650.239 suara atau sebesar 44,50%.

Jika tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam 3x24 jam, KPU akan menetapkan Joko Widodo–Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henry Saragih, mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu atas terselenggaranya pesta demokrasi tersebut.


Baca juga: Pemerintah Diharapkan Dorong UKM Manfaatkan Teknologi Informasi


"Kami menyampaikan terima kasih kepada para penyelenggara pemilu, yang telah bekerja keras sehingga hajatan ini berjalan dengan sukses. Doa kita bagi penyelenggara pemilu yang gugur dalam menjalankan tugas, semoga menjadi simbol ketulusan dan kejujuran dalam bertugas," ujar Henry dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (21/5).

Di tengah ajakan mobilisasi massa menolak hasil pemilu pada 22 Mei, Henry menambahkan bahwa undang-undang pemilu telah disusun sedemikian rupa untuk menjamin suara rakyat dan hak politik warga negara tidak dicederai mekanisme penyelesaian sengketa pemilu.

Lebih lanjut ia mengajak masyarakat dan para petani untuk tidak mudah terprovokasi ditengah dinamika politik yang terjadi.

"Kita serahkan semua kepada lembaga penyelenggara dan penegak hukum. Kita kembali fokus pada agenda perjuangan petani untuk mewujudkan reforma agraria dan kedaulatan pangan. Kita tidak boleh terjebak dalam agenda politik sektarian atau kelompok tertentu, Kita mesti kembali kepada agenda besar cita-cita para pendiri bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur," pungkasnya.

Serikat Petani Indonesia merupakan organisasi massa tani terbesar di Indonesia, yang mengusung agenda perjuangan reforma agraria dan kedaulatan pangan. (RO/OL-1)

 

Baca Juga

Antara

Akademisi: Ekspor Benih Lobster Naikkan Ekonomi Nelayan

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 21:00 WIB
KEBIJAKAN dibukanya kembali kran ekspor benih lobster dinilai Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanudin Jamaludin...
Dok. SKK Migas

KEI Akan Operasikan Utility Boat Buatan Anak Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:59 WIB
Pembangunan kapal pembawa material  dan logistik tersebut dikerjakan oleh putra-putri terbaik Indonesia dengan tingkat kandungan lokal...
Istimewa

Apjati Siap Terapkan New Normal Penempatan PMI ke Mancanegara

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:45 WIB
PEDOMAN Protokol Kesehatan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri menjadi referensi bagi Apjati untuk memastikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya