Selasa 21 Mei 2019, 19:55 WIB

Pemerintah Diharapkan Dorong UKM Manfaatkan Teknologi Informasi

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Diharapkan Dorong UKM Manfaatkan Teknologi Informasi

ANTARA FOTO/Audy Alwi/wsj.
. Sekretaris Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Rully Indrawan

 

Komisi Pemilihan Umum telah menobatkan pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai pemenang dalam pemilihan presiden dan wakil presiden, dengan raupan lebih dari 85 juta suara. Mereka mengalahkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang hanya mengantongi 68,4 juta suara.

Kemenangan tersebut pun disambut baik oleh sektor usaha kecil dan menengah. Sekretaris Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Rully Indrawan mengaku mendapat banyak ucapan selamat dari para pelaku UKM di seluruh Indonesia.

Sebagai aparatur sipil negara (ASN), ia tentu sangat memahami bahwa dirinya harus bersikap netral. Namun, sebagai pribadi yang telah lama menggeluti dunia UKM, ia bersyukur dengan kembali terpilihnya Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia.

"Sejak lama saya sudah perhatikan kebijakan Pak Jokowi untuk UKM. Selama memerintah, ada banyak hal yang telah ia lakukan untuk mendorong UKM, mulai dari pemangkasan bunga Kredit Usaha Rakyat sampai soal perpajakan. Itu menunjukkan keberpihakan Pak Jokowi kepada ekonomi kelas kecil dan menengah," ujar Rully di Jakarta, Selasa (21/5).

Terlebih, saat ini, lanjutnya, Jokowi didampingi Maruf Amin yang cukup mendalami bidang ekonomi umat atau kerakyatan. Ia juga menilai Jokowi sebagai sosok pemimpin yang sangat menghargai produk-produk UKM, tidak terkecuali yang menyasar kaum milennial. Itu tergambar dari beberapa momen penting yang dihadiri presiden.

"Pak Jokowi tidak malu menggunakan sepatu, jaket karya anak bangsa. Itu kan upaya juga untuk mempromosikan, memberi semangat kepada para pelaku usaha, terutama kaum muda untuk berwirausaha," jelasnya.

Ke depan, ia mengatakan yang harus dilakukan pemerintah adalah mendorong pelaku UKM untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan maksimal. "Mereka harus masuk ke pasar digital karena sekarang pola sudah berubah. Pemerintah pun sudah siap dengan membangun infrastruktur pendukung," tandas Rully. (A-3)

Baca Juga

Ist

Kemenperin Dampingi Sektor Manufaktur Menuju Industri 4.0

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 22:20 WIB
Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus dampingi sektor manufaktur menuju industri...
Ist

Optimalkan Portofilio, PGN Kejar Pengembangan Bisnis Global LNG

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 22:06 WIB
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero) berupaya untuk meningkatkan kapabilitas dalam pengelolaan...
Dok. Blibi

Pendampingan UMKM Masuk Ekonomi Digital Makin Masif

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 21:30 WIB
Baru 13 persen atau sekitar 8 juta pelaku UMKM yang memanfaatkan platform digital dalam proses...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya