Selasa 21 Mei 2019, 18:15 WIB

Harga Tiket Pesawat Menempel Batas Atas, Menhub: Sah-Sah Saja

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Harga Tiket Pesawat Menempel Batas Atas, Menhub: Sah-Sah Saja

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) memimpin rapat koordinasi di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (21/5).

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim harga tiket pesawat sudah berangsur turun meski belum signifikan.

Ia pun mengapresiasi maskapai-maskapai yang sudah mengikuti imbauan pemerintah untuk menyajikan tarif yang lebih murah.

"Kami sudah keluarkan imbauan. AirAsia melakukan, Lion Air juga sudah murah," ujar Budi di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (21/5).

Ia mengatakan sah-sah saja bagi maskapai untuk mematok harga yang mendekati atau menempel pada tarif batas atas (TBA). Menurutnya, itu bukan sebuah pelanggaran selama tarif tidak melebihi batasan yang telah ditentukan.

Baca juga: Pemerintah Turunkan Batas Atas Tarif Pesawat 12%-16%

Ia juga mengingatkan kepada semua pihak bahwa TBA yang diterapkan pemerintah belum memasukkan komponen lain seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Sedianya, Budi mengungkapkan pihaknya sebagai regulator tidak bisa turut campur terlalu jauh dalam hal penentuan tarif. Bahkan, lanjutnya, tidak ada negara yang memberlakukan tarif batas atas dan bawah karena tarif ditetapkan berdasarkan mekanisme pasar.

"Sebenanrnya ini adalah domain bisnis. Tapi karena undang-undang memberi kami kewenangan untuk menetapkan TBA, jadi seolah-olah kami punya kuasa," tandasnya. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More