Selasa 21 Mei 2019, 17:50 WIB

KPU Bersiap Hadapi Gugatan

Putra Ananda | Politik dan Hukum
KPU Bersiap Hadapi Gugatan

MI/RAMDANI
Viryan Aziz

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) langsung mengambil sikap terkait rencana pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subinato - Sandiaga Uno yang menolak dan menggugat hasil hasil rekapitulasi Pemilu Presiden (Pilpres) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU, Viryan Aziz menuturkan para komisioner KPU langsung mengadakan rapat internal terkait kesiapan KPU hadapi gugatan di MK. Rapat internal komisioner KPU membahas kesiapan pengacara serta kelengkapan dokumen-dokumen yang akan digunakan sebagai bahan bukti bersengketa di MK.

"Yang jelas KPU menghormati sikap yag ditempuh oleh Pak Prabowo yang memutuskan untuk menggugat hasil Pilpres ke MK. Tentu KPU langsung memeprsiapkan diri dengan menyiapkan tim teknis dan data hasil Pilpres," papar Viryan saat ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/5).

Baca juga: Kini, Kubu Prabowo-Sandi Ingin Tempuh Jalur MK

Sementara itu, Mengenai penetapan hasil suara Pilpres yang lebih cepat 1 hari dari batas waktu yang telah diatur dalam Undang-Undang, Ketua KPU RI Arief Budiman menuturkan bahwa proses penetapan hasil suara Pemilu 2019 dapat dilakukan lebih cepat karena KPU melakukan sistem rekapitulasi nasional secara simultan.

Dengan proses rekapitulasi yang dilakukan secara simultan atau beiriringan, Arief menjelaskan KPU bisa langsung melakukan rekapitulasi pada provinsi-provinsi yang telah siap membawa datanya untuk dilakukan rekapitulasi tingkat nasional.

"Jadi memang bukan sengaja dipercepat. Proses rekap ini mengalir saja kan. Kita lakukan rekap sesuai dengan jadwal saja. Kami minta KPU kabupaten kota dan provinsi memperhatikan jadwal rekapnya, jadi kalau sudah ada kecamatan yang selesai rekap maka bisa langsunh di bawa ke kabupaten, provinsi, lalu nasional. Jadi ga perlu tunggu-tungguan," ungkap Arief.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pilpres pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dengan suara sah 85.607.362 atau 55,50%. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More