DANA dan Dompet Dhuafa Permudah Donasi Zakat Digital

Penulis: Tosiani Pada: Selasa, 21 Mei 2019, 17:25 WIB Weekend
DANA dan Dompet Dhuafa Permudah Donasi Zakat Digital

MI/ BARY FATHAHILAH
Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan.

UNTUK keperluan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah sekarang bisa dilakukan secara digital. Pihak DANA bekerjasama dengan Dompet Dhuafa berupaya mendorong filantropi digital menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat Indonesia melalui fitur baru zakat dan donasi.

Melalui fitur ini, berzakat dan berdonasi bisa dilakukan secara digital, non tunai, dan non kartu. Kehadiran fitur ini merupakan potensi bagi dompet digital untuk mengoptimalkan kegiatan sosial ekonomi digital dan gaya hidup modern masyarakat.

CEO DANA, Vincent Iswara, mengatakan, kolaborasi DANA dengan Dompet Dhuafa ini untuk menghadirkan beragam pengalaman baru bertransaksi digital secara mudah, cepat, aman, dan efisien bagi masyarakat.

"Ini baru saja dilaunching. Kami berharap pengalaman berzakat dan berdonasi pada dompet digital ini makin membuka pemahaman masyarakat akan efektivitas bertransaksi non tunai dan non kartu secara digital,"k ata Vincent, di Capital Place, Four Seasons Hotel Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/5).

Menurutnya, fitur ini mampu mendukung pemberdayaan ekonomi digital. Solusi ini juga dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan sosial dan budaya masyarakat. Kerjasama dengan Dompet Dhuafa sebagai lembaga nirlaba pengelola zakat, infak, dan sedekah bereputasi diharapkan makin menguatkan keyakinan dan kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan donasinya.

Dompet digital dana diperkaya beragam fitur untuk mengoptimalkan kegiatan sosial digital para penggunanya. Melalui layanan 'kirim dana', pengguna dapat mengirim uang pada pengguna lain yang membutuhkan. Juga membayar zakat fitrah dan donasi melalui fitur khusus 'zakat & donasi' di aplikasi dompet digital dana.

Khusus untuk donasi ada beberapa pilihan yakni donasi untuk 10.000 bingkisan lebaran, air untuk kehidupan, sekolah tapal batas, beasiswa untuk negeri, pembebasan gizi buruk, membantu kalangan difabel untuk mendiri, juga pada penderita kanker anak Indonesia.

"Makin besarnya jumlah pengguna smartphone dan penetrasi internet di Indonesia kami optimistis filantropi digital akan membudaya dan mudah dilakukan," katanya.

Direktur Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan, mengatakan, pembayaran zakat digital secara nasional menunjukan tren peningkatan. "Ini mengindikasikan aplikasi atau layanan digital untuk membayar zakat, infak, dan sedekah sangat positif dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat," katanya. (M-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More