Selasa 21 Mei 2019, 17:10 WIB

Sebanyak 85% Bus Harus Sudah Ramp Check pada H-7

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Sebanyak 85% Bus Harus Sudah Ramp Check pada H-7

ANTARA FOTO/ Reno Esnir/aww/18.
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi

 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeberkan akan ada sedikitnya 51 ribu bus yang beroperasi selama periode mudik Lebaran.

Bus sebanyak itu bukan hanya angkutan antarkota antarprovinsi melainkan juga bus-bus khusus pariwisata.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menargetkan 85% dari jumlah keseluruhan bus tersebut sudah menyelesaikan uji kelaikan pada H-7 Hari Raya Idul Fitri atau 29 Mei mendatang.

"Dari Jakarta saja yang mengajukan izin ada 51 ribu unit. Kami targetkan, H-7 sudah 85% yang uji kelaikan," ujar Budi di Jakarta, Selasa (21/5).

Uji kelaikan atau ramp check wajib dilakukan demi menjamin keselamatan dan keamanan serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang memilih bus sebagai angkutan mudik.

Sejauh ini, Kementerian Perhubungan mendapat bantuan dari pihak kepolisian, Dinas Perhubungan tingkat provinsi dan kabupaten, termasuk dari perusahaan penyedia bus untuk melakukan uji kelaikan bus.

Selain bus, ramp check juga dilakukan terhadap moda angkutan laut. Sebanyak 270 kapal roro sudah melalui uji kelaikan sejak 20 hari lalu. (A-3)

Baca Juga

ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA

Meski Terdampak Pandemi, OJK Nilai Industri Perbankan Sehat

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:43 WIB
Tingkat permodalan dan likuiditas perbankan masih dalam kondisi yang aman. Rasio kecukupan permodalan (CAR) perbankan sebesar 22,16% (di...
MI/RAMDANI

Penyerapan Subsidi Bunga KUR Terealisasi 37,90%

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:30 WIB
Deputi Bidang Pembiayaan, Hanung Harimba Rachman, mengatakan anggaran subsidi bunga KUR terealisasi sebesar Rp5,219 triliun dari pagu...
Antara/Zabur Karuru

Manfaat RUU Cipta Kerja akan Dinikmati Masyarakat di Masa Datang

👤Deri Dahuri 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:18 WIB
RUU Cipta Kerja ini diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah lama hadir di Indonesia yakni keruwetan regulasi dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya