Selasa 21 Mei 2019, 16:55 WIB

Jokowi-Amin akan Ajukan Jadi Pihak Terkait di MK

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Jokowi-Amin akan Ajukan Jadi Pihak Terkait di MK

ROMMY PUJIANTO
KUASA hukum pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra

 

KUASA hukum pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, akan mengajukan diri sebagai pihak terkait ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika ada permohonan dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Beberapa persiapan telah dilakukan untuk menghadapi perkara di MK.

“Kami tentu bersiap-siap untuk maju ke MK sebagai pihak terkait dalam sengketa yang diajukan. Sebab termohon dalam sengketa hasil pemilu khususnya pilpres itu KPU. Sementara pihak paslon 01 berhak mengajukan diri sebagai pihak terkait,” kata Yusril di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (21/5).

Yusril menjelaskan, sebagai pihak terkait, pihaknya memiliki hak untuk mengajukan bukti, saksi ahli dan menyanggah apa yangg disampaikan pemohon dari kubu 02.

Pihaknya menghormati keputusan yang diambil kubu Prabowo-Sandiaga untuk mengajukan permohonan ke MK ihwal hasil pemilu. Dia berharap, proses berjalan baik tanpa ada langkah di luar ketentuan hukum.

“Itu sepenuhnya hak konstitusional yang beliau miliki. Kami berkeyakinan beliau memiliki legal standing untuk mengajukan perkara sengketa ke MK,” jelasnya.

Baca juga: BPN akan Ajukan Gugatan ke MK

Sebelumnya, Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandiaga, Sufmi Dasco Ahmad, akan mengajukan gugatan Pemilu 2019 ke MK. Dalam beberapa hari ini, pihaknya akan mempersiapkan materi gugatan sesuai tenggat waktu yang ada untuk memajukan gugatan ke MK.

Menurut Dasco, ada berbagai pertimbangan yang sangat krusial untuk diajukan ke MK misalnya perbedaan perhitungan suara yang sangat signifikan.

Komisi Pemilihan umum RI telah menetapkan perolehan suara Pemilu 2019 hasil rekapitulasi tingkat nasional secara keseluruhan di Gedung KPU RI, Selasa (21/5) dini hari. Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting membacakan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 Provinsi dan 130 PPLN yakni pasangan 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin meraup 85.607.362 suara atau 55,50%, sementara pasangan 02 Prabowo-Sandiaga mendapat 68.650.239 suara atau 44,50%.

Jumlah pemilih nasional dalam Pilpres 2019 sebesar 199.987.870 pemilih. Sementara jumlah suara sah Pilpres sebesar 154.257.601 suara.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More