Selasa 21 Mei 2019, 16:55 WIB

Prabowo Diberi Waktu Menggugat ke MK Hingga 24 Mei 2019 Dini Hari

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Prabowo Diberi Waktu Menggugat ke MK Hingga 24 Mei 2019 Dini Hari

ANTARA
Prabowo Subianto

 

PASANGAN calon presiden (cawapres) dan wakil presiden (wapres) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno akan mengajukan gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi waktu 3x24 jam kepada tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) sebagai batas akhir pelaporan gugatan ke MK. Batas waktu 3x24 jam tersebut terhitung sejak 21 Mei 2109 pukul 1.46 WIB. Artinya Prabowo-Sandi memiliki waktu pengajuan gugatan hingga 24 Mei 2019 dini hari.

"Bila dalam jangka waktu 3x24 jam tersebut tidak ada paslon yang menggugat ke MK, KPU akan meminta atau mendapat konfirmasi dari MK tentang tidak adanya gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres," ujar komisioner KPU Hasyim Asy'ari di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/5).

Jika Prabowo-Sandi melewati batas waktu pelaporan tersebut, berdasarkan konfirmasi dari MK, KPU akan menetapkan hasil Pilpres berupa penepatan paslon terpilih yaitu Jokowi - Maruf. Penentapan Jokowi - Ma'ruf akan dilengkapi dengan Surat Keputusan (SK) dari KPU.

"Namun, dalam hal terdapat gugatan PHPU Pilpres ke MK, maka KPU akan mengikuti proses pemeriksaan dan persidangan MK. Begitu tuntas persidangan akan diterbitkan Putusan MK yang bersifat final dan mengikat (inkracht)," papar Hasyim.

Sebelumnya, pada Selasa (21/5) dini hari Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019. Hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dengan suara sah 85.607.362 atau 55,50 persen. (A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More