Selasa 21 Mei 2019, 07:45 WIB

Es Antartika Menipis Lebih Cepat

Independent/Tes/X-8 | Humaniora
Es Antartika Menipis Lebih Cepat

Duta
Es Antartika Menipis

 

STUDI terbaru dari penelitian data satelit selama 25 tahun menunjukkan seperempat lapisan es Antartika bagian barat cenderung tidak stabil. Beberapa gletser terbesar telah menipis lebih dari 120 meter dengan pencairan es hingga lima kali lipat dari periode 1990.

Secara keseluruhan, hilangnya lapisan es Antartika berpotensi menaikkan permukaan laut global hingga 5 meter. Itu merupakan salah satu ancaman signifikan bagi kehidupan manusia. "Bisa dilihat dengan jelas bahwa gelombang penipisan menyebar dengan cepat di sejumlah gletser Antartika," ujar peneliti dari Universitas Leeds, Inggris, Andy Shepherd.

Penelitian memanfaatkan data satelit Badan Antariksa Eropa untuk melacak perubahan salju dan lapisan es di seluruh benua. Dari situ diketahui dampak perubahan iklim jangka panjang terhadap pola cuaca, seperti peningkatan suhu lautan yang mengikis lapisan es. (Independent/Tes/X-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More