FE Untar Siapkan Mahasiswa Menjadi Entrepreneur

Penulis: Syarief Oebaidillah Pada: Senin, 20 Mei 2019, 21:40 WIB Humaniora
FE Untar Siapkan Mahasiswa Menjadi Entrepreneur

Ist
Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara menggelar ajang Entrepreneur Week (EW) di Atrium Pluit Village Jakarta, 18-19 Mei.

GUNA menyiapkan mahasiswa menjadi seorang entrepreneur atau  wirausaha, Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara (FE Untar) menggelar ajang Entrepreneur Week (EW). Kegiatan yang telah berjalan kali ke-13 ini mengambil tema 'Innovation to Explore Business Opportunity' di Atrium Pluit Village, Jakarta.

Kegiatan Entrepreneur Week ke-13  dibuka Wakil Rektor Untar, Dr RM Gatot P Soemartono, pada Jumat (17/5), dan resmi ditutup Rektor Untar Prof Dr Agustinus Purna Irawan, Minggu (19/5).

Kegiatan Entrepreneur Week yang disambut antusias para mahasiswa Untar ini, bagi Rektor Untar Agustinus Purna Irawan sejalan dengan program pemerintah yang ingin mengedepankan industri kreatif melalui peranan generasi muda. Aktivitas ini juga  menjadi ajang implementasi business plan mahasiswa Konsentrasi Entrepreneurship dan Manajemen Bisnis dari Program Studi (Prodi) Fakultas Ekonomi Untar.  

Menurut Agustinus, melalui kreasi pada EW ke-13, para mahasiswa yang tampil berusaha kreatif dan berinovasi melalui karya mereka. Hemat dia, inovasi itu sangat penting guna melahirkan bisnis rintisan (startup) yang kelak dapat membuka lapangan pekerjaan.

"Indonesia membutuhkan banyak entrepreneur yang diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru," tegasnya.

Agustinus mengapresiasi para mahasiswa peserta EW ke-13 sebagai bentuk kontribusi kreatif kegiatan nyata yang amat diperlukan guna melahirkan para wirausahawan muda.


Baca juga: PB IDI Soroti Tingginya Angka Tengkes pada Balita


"Saya turut berbangga pada kegiatan EW ini sebagai bentuk partisipasi generasi muda berkontribusi kelak dapat melahirkan para entrepreneur,” tegas Agustinus.

Pada ajang EW ke-13 ini, para mahasiswa diberi kesempatan dan pengalaman berwirausaha dengan memamerkan bisnis startup yang mereka kembangkan. Mereka mempraktikkan berbagai konsep entrepreneurship, dengan menampilkan kepada khalayak ramai dan bersimulasi di dalam lingkungan bisnis yang sesungguhnya.  

Nathan, mahasiswa prodi Manajemen FE Untar, peserta EW ke-13 bersama tiga rekannya tampil di stan EW dengan membuat jamur yang diracik dengan air hangat, tepung, dan sayuran wortel, serta nasi. Produknya ini ia promosikan bernama Kinnoko bite. Ia mengaku baru pertama kali tampil di EW ke-13 dan akan melanjutkan promosi Kinnoko secara online juga melalui media sosial Instagram.

Sejak 2010, prodi Manajemen FE Untar telah menawarkan Konsentrasi Kewirausahaan kepada mahasiswa. Sasaran yang ingin dicapai adalah menanamkan pola pikir entrepreneurial dan menyiapkan mahasiswa agar siap menjadi wirausaha ketika mereka lulus.

Untuk itu, di dalam kurikulum, mahasiswa telah dipersiapkan sejak semester pertama mendapatkan matakuliah yang terkait dengan berbagai aspek kewirausahaan sehingga kelak mereka punya bekal dalam membangun bisnisnya sendiri. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More