Revitalisasi BLK untuk Imbangi Kebutuhan Industri

Penulis: Mediaindonesia.com Pada: Senin, 20 Mei 2019, 16:15 WIB Politik dan Hukum
Revitalisasi BLK untuk Imbangi Kebutuhan Industri

antara/sutarmi
Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kulon Progo, DIY dan mensosialiasikan BLK untuk menghasilkan calon tenaga kerja

ANGGOTA Komisi IX DPR RI Muhammad Iqbal mengatakan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat pelatihan harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan pasar industri, terutama mempersiapkan tenaga professional guna menghadapi era industri 4.0.

BLK perlu menyesuaikan permintaan pasar industri yang cenderung berubah seiring perkembangan teknologi. Tak bisa dipungkiri, masih banyak BLK di daerah yang tertinggal jauh.

“Program pemerintah untuk revitalisasi BLK yang ada di Indonesia harus mengikuti zaman, yang mampu mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat,” kata Iqbal saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI terkait Revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) dan pengembangan Latihan Kerja di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Jumat (17/5).

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, hal pertama yang perlu dipersiapkan pemerintah adalah meningkatkan sarana dan prasarana BLK.

“Banyak peralatan BLK yang sudah ketinggalan zaman, karena itu kita minta kepada pemerintah untuk merevitalisasi BLK yang ada, sehingga peralatannya dapat mengikuti kebutuhan zaman,” sambungnya.

Baca juga: Komisi IX Dorong BLK Bali Sesuaikan Perkembangan Teknologi

Selain itu, ia juga menyoroti masalah kekurangan tenaga instruktur yang hampir merata di setiap daerah. Diperlukan kebijakan afirmatif pemerintah pusat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Masih banyak daerah yang mengeluhkan kekurangan tenaga instruktur, mereka meminta agar ada penambahan. Saya rasa ini masih menjadi PR pemerintah pusat untuk menambah jumlah instruktur,” imbuh politikus dapil Sumatra Barat II itu.

Kendati demikian, dirinya memberikan apresiasi terhadap BLK Kulon Progo yang telah melakukan upaya-upaya pembinaan untuk memberikan keterampilan bagi calon pekerja.

“Kami mengapresiasi kepada pemerintah daerah karena program-programnya sangat membantu masyarakat yang ada di Kulon Progo dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mengurangi tingkat pengangguran yang ada,” pungkasnya.(RO/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More