DPR Usul Adanya Sinergi untuk Distribusi Energi Lebih Baik

Penulis: Mediaindonesia.com Pada: Senin, 20 Mei 2019, 15:35 WIB Politik dan Hukum
DPR Usul Adanya Sinergi untuk Distribusi Energi Lebih Baik

Dok. MI
Anggota Komisi VII DPR RI Zulfan Lindan

ANGGOTA Komisi VII DPR RI Zulfan Lindan mendorong PT Pertamina, PT PLN dan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk membangun sinergi guna menciptakan sistem distribusi yang baik dalam memperlancar pasokan listrik di Provinsi Sumatra Utara. Hal itu ia usulkan karena banyak keluhan sering padamnya listrik di Sumut, apalagi diprediksi penggunaan listrik akan meningkat pada hari raya Idul Fitri.

“Kita lihat sebelum dan setelah Lebaran seperti apa kondisinya. Jangan nanti fokus pada bulan Ramadan, tetapi setelah itu kita kedodoran lagi, listrik mati,” ujar Zulfan saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI mengunjungi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di Sumatra Utara, Jumat (17/5).

Politikus NasDem ini menyimpulkan ada kendala distribusi gas kepada PLN, sehingga PLN kesulitan memasok listrik kepada masyarakat. Hal-hal teknis seperti ini seharusnya bisa ditangani secara berkala dengan membangun sinergi yang baik antara PLN dengan perusahaan gas.

“Jadi kita minta supaya antara Pertamina, PGN dan PLN itu membuat sistem distribusi yang bisa mengatasi persoalan secara cepat untuk mengantisipasi kematian listrik, kekurangan pasokan bahan bakar dan gas bumi. Harus segera dilakukan, ini tidak hanya di Medan, tapi hampir seluruh daerah seperti ini,” ujar politikus dapil Aceh II ini.

Baca juga: Pembangkit Listrik Terapung Dorong Perekonomian Daerah

Zulfan mencermati konsolidasi yang dilakukan hanya berdasarkan kasus per kasus saja. Sehingga jika ada masalah, baru dicarikan solusinya, hal itu menurutnya keliru.

“Konsolidasi tidak dilakukan dengan sistem tetapi konsolidasi dilakukan melalui case. Misalnya ada kasus, baru konsolidasi. Tidak bisa itu, harus ada sistem,” jelas Zulfan.

Belakangan diketahui, seringkali terjadi pemadaman listrik di Sumut, sehingga permasalahan ini harus menjadi sorotan ke depannya, terutama guna memperbaiki sistem distribusi sebagai solusi dari permasalahan listrik di Sumut.(RO/OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More