Senin 20 Mei 2019, 15:17 WIB

Gerbang Tol Cikampek Utama Beroperasi 23 Mei

Reza Sunarya | Nusantara
Gerbang Tol Cikampek Utama Beroperasi 23 Mei

Antara
Gerbang Tol Cikampek Utama Beroperasi 23 Mei 2019. Sebagai pengganti i GT Cikarang Utama

 

GERBANG Tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama segera beroperasi pada Kamis (23/5) mendatang. Gerbang tol tersebut pengganti GT Cikarang Utama. Pembangunan GT Cikampek Utama berada di Km 70 dan GT Kalihurip Utama Km 67.

"Realisasi pembangunannya hampir rampung. GT Cikampek Utama tengah disiapkan 15 pintu masuk dan 15 pintu keluar. Sedangkan di GT Kalihurip Utama dibangun 15 pintu masuk dan 17 pintu keluar," kata General Manager PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman saat meninjau GT Cikampek Utama, Senin (20/5).

Menurut Raddy pada arus mudik tahun ini pemudik yang menggunakan jalur tol dari arah Jakarta tidak lagi melakukan transaksi di GT Cikarang Utama. Dua gerbang itu menggantikan GT Cikarang Utama menjadi dua arus. Satu di jalur Cipali atau Cikampek Utama dan satu lagi menuju Bandung.

Raddy menuturkan, tidak berfungsinya GT Cikarang Utama sebagai gerbang transaksi diharapkan arus lalu lintas di ruas tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta maupun Bandung bisa lancar. Dan kemacetan parah yang kerap terjadi langsung terurai.

Saat ini GT Cikarang Utama tidak seluruhnya beroperasi melayani transaksi. Gerbang tersebut banyak yang tak dapat dimanfaatkan lantaran terimbas proyek pembangunan infrastruktur seperti jalan tol layang (elevated), light rail transit (LRT) Jabodebek, dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

baca juga: Panjang Kerusakan Jalur Mudik di Bekasi 20 Kilometer

Raddy menjelaskan, penutupan GT Cikarang Utama akan berdampak terhadap penyesuaian tarif tol pada beberapa ruas sehingga sistem pembayaran tol menjadi terbuka. Misalnya kendaraan dari arah Cawang akan dikenakan penarikan pada pintu keluar. Sedangkan dari arah sebaliknya dikenakan pada pintu masuk tol.

Jasa Marga membagi empat wilayah dalam penetapan tarif dampak penutupan GT Cikarang Utama. Untuk wilayah 1 Jakarta-Pondok Gede Barat, tarif tidak mengalami perubahan. Golongan I dikenakan Rp1.500. Wilayah 2 Jakarta-Cikarang Barat dengan tarif golongan I Rp4.500. Sedangkan Jakarta-Cikampek Golongan 1 sebesar Rp15.000. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More