Festival Ramadan di Serambi Mekah

Penulis: Eni Kartinah Pada: Senin, 20 Mei 2019, 07:45 WIB Ramadan
Festival Ramadan di Serambi Mekah

DOK. DISBUDPAR ACEH
Masyarakat Aceh menantikan waktu berbuka puasa di Festival Ramadan yang digelar di Taman Budaya Aceh sejak 7 Mei lalu.

SORE itu, Kamis (16/5), sekitar pukul 17.00, Taman Budaya Aceh, Banda Aceh, mulai ramai didatangi warga sekitar. Semakin mendekati waktu azan magrib yang jatuh pukul 18.49 semakin banyak masyarakat yang hadir.

Mereka memanfaatkan kegiatan Festival Ramadan 2019 yang tengah digelar di lokasi itu untuk ngabuburit. Festival yang diselenggarakan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh tersebut memang menyajikan ragam kegiatan menarik.

Mulai bazar kuliner dan nonkuliner, pembagian takjil, lomba-lomba dan pentas seni budaya Islami, tarawih bersama, hingga tausiah oleh dai-dai kondang. Ada juga kegiatan sosial, seperti pemberian santunan anak yatim dan kaum duafa.

Tentu saja bazar kuliner menjadi salah satu magnet yang menarik hampir seluruh pengunjung. Bazar yang diikuti puluhan tenant itu menawarkan aneka ragam makanan dan minuman. Dari yang modern, seperti teh susu ala Thailand, sampai makanan tradisional khas Aceh, seperti ie bu peudah (sejenis bubur) dan muloh teupeh (olahan ikan bandeng).

Salah satu pengunjung, Venta, mengungkapkan festival itu membuat Ramadan kali ini lebih semarak. "Baru tahun ini diselenggarakan. Tahun-tahun lalu kan pilihannya paling ngabuburit di Pantai Ulee Lheue. Sekarang acara ini menjadi alternatif lain," ujar perempuan pegawai negeri sipil itu.

Ia mengaku hampir tiap hari datang ke festival itu selepas dari kantor. Untuk berbuka puasa di sana atau sekadar membeli makanan minuman di bazar lalu dibawa pulang untuk berbuka di rumah. "Selain bazar kuliner, kegiatan lain juga menarik, seperti lomba dai cilik. Lucu-lucu deh anak-anak yang tampil," imbuhnya.

Rupanya, bukan hanya masyarakat 'Serambi Mekah' yang tertarik dengan Festival Ramadan 2019. Sore itu, serombongan wisatawan Malaysia juga ikut menikmati festival itu. "Saya dari Volunteering Trip Malaysia (VTM). Ke sini bersama 15 peserta trip. Kami pilih ke Aceh karena ingin merasakan suasana Ramadan di sini, tempat yang hampir semua masyarakatnya muslim. Sangat menarik," tutur Program Coordinator VTM, Ayuni Azlan.

Keuntungan ekonomi

Festival Ramadan yang digelar sejak 7 Mei itu tidak hanya mendatangkan keriaan bagi masyarakat Aceh, tetapi juga mendatangkan berkah tambahan bagi para peserta bazar.

"Alhamdulillah di sini ramai terus. Sesorean hingga malam minimal terjual 100-an cup," ujar Nizam, penjual minuman teh Thailand.

Hal senada disampaikan Dayang, pengelola usaha roti bhoi dan kerang bakar. "Sehari-hari saya jualan online dengan omzet Rp4 jutaan per hari. Dengan ikut di bazar ini, omzet naik jadi Rp6 jutaan per hari."

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, menjelaskan jumlah pengunjung festival itu rata-rata mencapai 3.000 orang per hari. Omzet total dari bazar kuliner dan nonkuliner berkisar Rp40 juta-Rp50 juta. "Kami senang kegiatan ini mampu memberi nilai tambah ekonomi. Kami juga sedang mempertimbangkan permintaan masyarakat untuk memperpanjang waktu penyelenggaraan. Dari yang awalnya berakhir di 21 Mei menjadi 26 Mei," terangnya.

Dalam kunjungannya ke festival tersebut, Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Hariyanto, menyatakan pihaknya selalu mendukung kegiatan yang menggerakkan sektor pariwisata seperti Festival Ramadan Aceh. "Event seperti ini mampu mendatangkan wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami mendukung, terutama dari sisi promosi dan pemasarannya. Menjadi tugas kami agar agenda event pariwisata yang diselenggarakan daerah bisa diketahui masyarakat luas secara nasional maupun internasional sejak jauh-jauh hari," ujarnya. (H-3)

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Selasa, 18 Jun 2019 / 13 Ramadan 1440 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:25 WIB
Subuh : 04:35 WIB
Terbit : 05:51 WIB
Dhuha : 06:20 WIB
Dzuhur : 11:53 WIB
Ashar : 15:14 WIB
Maghrib : 17:47 WIB
Isya : 18:59 WIB

PERNIK

Read More