Senin 20 Mei 2019, 07:45 WIB

NasDem Pastikan Raih 60 Kursi DPR RI

Put/P-3 | Politik dan Hukum
NasDem Pastikan Raih 60 Kursi DPR RI

Ist
Gedung DPR RI

 

BERDASARKAN hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai NasDem dipastikan akan meraih 60 kursi DPR RI. Meski lebih rendah dari target yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar 100 kursi, raihan kursi NasDem di pemilu kali ini meningkat signifikan. Pada Pemilu 2014 partai besutan Surya Paloh itu hanya meraih 36 kursi legislatif.

"Menurut hasil rekapitulasi nasional di 29 provinsi, NasDem memastikan akan mengirimkan 60 calegnya ke Senayan," ujar Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Partai NasDem Willy Aditya di Jakarta, kemarin.

Tambahan kursi DPR RI NasDem yang terakhir disumbangkan caleg dari Dapil Jakarta 2 yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri. Caleg NasDem peraih kursi di dapil tersebut ialah Davin Kirana. Willy menjelaskan Davin Kirana berhasil dengan meraih suara terbanyak melalui proses pemungutan suara ulang (PSU) di PPLN Kuala Lumpur, Malaysia.

Bahkan, menurut Willy, perolehan kursi NasDem untuk DPR RI diprediksi akan bertambah. Badan Advokasi Hukum (Bahu) NasDem telah mempersiapkan untuk mengajukan sengketa hasil pileg di beberapa daerah ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kursi masih berpeluang untuk bertambah karena kita telah menyiapkan pengajuan sengketa hasil pemilu ke MK," papar Willy.

Berdasarkan tampilan data di Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU, hingga kemarin NasDem berada dalam lima besar partai peraih suara terbanyak dengan 9,42%. Posisi teratas masih ditempati PDIP dengan 20,04%, diikuti Golkar 12,95%, Gerindra 11,72%, dan PKB 9,61%.

Peningkatan raihan kursi NasDem dalam pemilu kali ini antara lain berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Di provinsi itu, NasDem meraih suara tertinggi dan menyumbang tiga kursi DPR RI.

"Dari dua dapil di NTT, NasDem nyaris meraih empat kursi," kata Sekretaris DPW NasDem NTT Alex Ofong. Ia pun mengaku sangat puas dengan hasil yang diraih dalam pemilu serentak kali ini. (Put/P-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More