Harga Bawang Putih sudah Normal

Penulis: MI Pada: Senin, 20 Mei 2019, 00:50 WIB Nusantara
Harga Bawang Putih sudah Normal

ANTARA
Bawang Putih

SETELAH sempat melonjak hingga Rp70 ribu per kilogram (kg), harga bawang putih di pasar-pasar tradisional di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), kini kembali normal.

Harga bumbu masak itu kini berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kg. Berdasarkan pemantauan Media Indonesia di Pasar Ajibarang, harga bawang putih kini bertengger di posisi Rp30 ribu per kg.

"Harga mengalami penurunan karena di mana-mana ada operasi pasar. Jika sebelumnya harga bawang putih mencapai Rp60 ribu per kg, sekarang sudah kembali normal menjadi Rp30 ribu per kg. Dengan begitu, para pembeli tidak mengeluhkan lagi tingginya harga bawang putih," kata Siti, 43, pedagang di pasar setempat, kemarin.

Dia menambahkan, untuk harga kebutuhan pokok lainnya masih tetap stabil jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. "Kami berharap, menjelang Lebaran nanti, harga-harga kebutuhan pokok dapat terkendali sehingga pedagang juga tidak kebingungan," pintanya.

Sementara itu, pedagang di Pasar Wage, Purwokerto, Utami, 52, mengungkapkan harga bawang putih di pasar tradisional itu juga telah turun menjadi Rp35 ribu per kg. "Padahal, dua pekan lalu, harga bawang putih mencapai Rp70 ribu per kg. Tetapi setelah adanya OP yang berlangsung di Pasar Wage, harga berangsur turun," tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Banyumas Achmad Husein juga menyatakan jika harga kebutuhan pokok di wilayah itu relatif stabil. Khusus harga bawang putih, lanjutnya, cenderung menunjukkan tren menurun.

Namun, Husein meminta kepada seluruh instansi terkait untuk tetap waspada terhadap kemungkinan fluktuasi harga terutama menjelang Lebaran. Hal lain yang perlu dipastikan ialah ketersediaan stok pangan. (LD/RF/YK/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More