Minggu 19 Mei 2019, 20:10 WIB

Bendungan Rotiklot di NTT Siap Diresmikan Besok

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Bendungan Rotiklot di NTT Siap Diresmikan Besok

ANTARA
Bendungan Rotiklot

 

PRESIDEN Joko Widodo direncanakan akan meresmikan Bendungan Rotiklot yang terletak di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/5) besok.

Dalam peresmian itu, presiden beserta rombongan akan menabur 200 ribu benih ikan berupa ikan nila, ikan mujair dan ikan karper.

"Pembangunan memang sudah selesai sejak tahun lalu. Bendungan dengan kapasitas 3,3 juta meter kubik itu juga sudah dilakukan pengisian air atau impounding sejak Desember 2018," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melalui keterangan resmi, Minggu (19/5).

Rotiklot merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun pada periode 2015-2019. Groundbreaking Bendungan utu dilakukan oleh Presiden Jokowi pada 28 Desember 2015.

Pembangunan bendungan juga diikuti dengan pembangunan jaringan irigasi. Dengan demikian infrastruktur yang dibangun dengan biaya besar itu dapat bermanfaat karena air dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.


Baca juga: Kementan Libatkan Perbankan Kejar Target Swasembada Bawang Putih


Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi, mengatakan Rotiklot mampu memenuhi kebutuhan air baku masyarakat dan kegiatan Pelabuhan Atapupu hingga sebesar 40 liter per detik dan suplai irigasi seluas 149 hektare.

Bendungan Rotiklot juga berfungsi mengurangi risiko banjir yang kerap terjadi di Belu yang memiliki musim hujan singkat yakni sekitar 3 bulan namun dengan intensitas tinggi.

Pembangunan bendungan Rotiklot yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dikerjakan oleh PT Nindya Karya dan PT Universal Suryaprima dengan skema Kerja Sama Operasi dan menggunakan dana APBN senilai Rp496 miliar.

Di NTT, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air juga telah menyelesaikan satu bendungan Raknamo dan Rotiklot. Masih terdapat lima bendungan lain di provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste itu yang akan dan sedang dibangun yakni Napun Gete, Mbay, Temef, Welekis, dan Manikin. (OL-1)

Baca Juga

Istimewa

Kolaborasi Penting bagi Peningkatan Inklusi Keuangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 21:28 WIB
92 juta masyarakat belum terlayani bank dan hanya sebesar 12% dari 59 juta UMKM di Indonesia yang memiliki akses ke layanan...
Isti/Kementerian PUPR

Progres Proyek Strategis Nasional Rusun Pasar Jumat Capai 88,12%

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 18:48 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan rumah susun juga diperuntukkan bagi para mahasiswa, pelajar, santri, dan pekerja, termasuk...
Antara/Muhammad Iqbal

Batal Terbangkan WNI dari Abu Dhabi, Garuda Minta Maaf

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:36 WIB
Sebelumnya, penerbangan rute Abu Dhabi-Jakarta dijadwalkan pukul 02.50 waktu setempat pada 31 Mei. Manajemen Garuda memastikan kejadian ini...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya