Kemenkes Tegaskan belum Ada Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Minggu, 19 Mei 2019, 17:40 WIB Humaniora
 Kemenkes Tegaskan belum Ada Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Putri Yuliani
Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kemenkes, Anung Sugihantono,

KEMENTERIAN Kesehatan menegaskan bahwa belum ada laporan kasus cacar monyet (monkeypox) di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kemenkes, Anung Sugihantono, mengatakan, informasi yang beredar mengenai penyebaran cacar monyet di Indonesia tidak benar (hoaks).

"Sampai saat ini tidak ditemukan indikasi penyebaran ke wilayah Indonesia," tegas Anung ketika dihubungi di Jakarta, pada Minggu (19/5).


Baca juga: Santri Milenial Gandeng Baznas Gelar Festival Kopi


Anung mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetapi tetap waspada mengantisipasi penyakit yang baru-baru ini ditemukan di Singapura. Selain itu, ia juga mengatakan sejauh ini belum pernah ditemukan mekanisme penularan cacar monyet secara dari manusia ke manusia.

Kasus yang terjadi di Singapura ialah penularan dari hewan ke manusia. Seorang warga Nigeria yang datang ke negara tersebut dan mengidap cacar monyet setelah memakan daging hewan pembawa virus.

Seperti telah diberitakan Media Indonesia, Kemenkes menegaskan di Indonesia belum pernah ditemukan adanya inang cacar monyet. Pasalnya inang utama virus cacar monyet ialah hewan yang hidup di Afrika.

 Sebagian besar kasus cacar monyet selama ini kerap ditemukan, antara lain di Nigeria, Kongo, dan Pantai Gading. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More