Minggu 19 Mei 2019, 13:40 WIB

Batas Kecepatan Kendaraan 100 Km per Jam di Trans Jawa

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Batas Kecepatan Kendaraan 100 Km per Jam di Trans Jawa

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Tol Trans Jawa

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada seluruh pengendara membatasi kecepatan di bawah 100 kilometer (km) per jam di sepanjang Tol Trans Jawa.

Hal tersebut harus dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan para pengguna jalan yang diprediksi akan membanjiri jalur Trans Jawa.

"Ketika dilakukan sistem satu arah mulai dari Cikarang Utama, lonjakan kendaraan pasti akan meningkat dan saat itu kecepatan mobil tidak boleh sampai 100 km per jam," ujar Budi melalui keterangan resmi, Minggu (19/5).

Ia juga mengimbau para pemudik untuk tidak hanya mengandalkan jalan tol lantaran banyak jalur alternatif lain termasuk jalur pantai utara dan selatan Jawa.

Gerbang Tol Cikarang Utama di kilometer 29 merupakan titik awal skema satu arah yang kemudian berakhir di Gerbang Tol Brebes Barat di kilometer 262. Skema tersebut berlaku 24 jam penuh sejak 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

Baca juga: Menhub Cek Kesiapan Penerapan One Way di Tol Cikarang-Brebes

Dengan pemberlakuan itu, Gerbang Tol Brebes Barat diprediksi akan mengalami kepadatan karena menjadi titik terakhir jalur satu arah.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, moda transportasi bus diperkirakan akan mengangkut 4,68 juta penumpang pada masa Lebaran tahun ini. Adapun, kereta api akan menampung sebanyak 6,45 juta penumpang, kapal laut 1,08 juta penumpang dan pesawat terbang 5,78 juta penumpang.

Sementara, kendaraan mobil pribadi diprediksi mengangkut sebanyak 3,76 juta orang dan sepeda motor 6,85 juta orang.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Muhammad Iqbal

Tenaga Medis Hingga Relawan Dapat Jaminan Kecelakaan Kerja

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 01 Juni 2020, 18:45 WIB
Menteri Ketenagakerjaan telah menerbitkan surat edaran yang mengatur jaminan kecelakaan kerja pada kasus penyakit akibat...
Antara

Pemerintah belum Putuskan Boleh-Tidaknya Ojol Bawa Penumpang

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:39 WIB
Pada saat kebijakan kenormalan baru diterapkan, para pengemudi ojek online berharap pemerintah kembali mengizinkan mengangkut...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Sektor Ekonomi Dibuka Kembali untuk Hentikan Ancaman Krisis

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:29 WIB
Tudingan pemerintah terlalu berpihak pada pengusaha di saat pandemi, sebenarnya kurang tepat karena sektor usaha dan ekonomi justru...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya