Minggu 19 Mei 2019, 13:00 WIB

Di Perayaan Waisak, Kapolda Ingatkan Ajaran Kebaikan Setiap Agama

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Di Perayaan Waisak, Kapolda Ingatkan Ajaran Kebaikan Setiap Agama

ANTARA FOTO/Pusapa Perwitasari
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono

 

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan dalam momentum perayaan Waisak, masyarakat diharapkan terus bisa menjaga suasana damai setelah pemilu 2019. Pasalnya, perbedaan pilihan politik tidak selayaknya menjadikan masyarakat Indonesia terpecah belah.

"Kepada semua warga masyarakat, bangsa Indonesia terlebih lagi kita berada di tengah-tengah tahun politik, meskipun sekarang telah usai tinggal penghitungan. Peringatan hari raya Waisak momentum bersama-sama bangsa Indonesia meninggalkan perbedaan yang ada di masa kampanye," kata Gatot saat menghadiri acara Perayaan Waisak di Wihara Ekayana Arama, Jakarta Barat, Minggu (19/5).

Menurutnya, hakikat seluruh umat beragama di Indonesia memiliki pesan dan ajaran kebaikan untuk sesama manusia. Itu menjadi modal penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Karena bagaimanapun aliran Budha telah mengajarkan kepada kita semua umat manusia pelajaran yang begitu besar. Pelajaran yang mengajarkan kedamaian kepada kita semua. Pelajaran-pelajaran toleransi dan kebersamaan," tuturnya.

Baca juga: Peringati Waisak, Umat Budha Harap Toleransi Antaragama Terjaga

Gatot juga berharap, seluruh umat beragama bisa saling menjaga dan menebarkan semangat damai ke seluruh penjuru negeri. Sehingga bangsa Indonesia tetap menjunjung tinggi perbedaan yang ada.

"Saya kira ini juga ada pada agama-agama lain, ini tentunya akan kita tularkan kepada semua semua masyarakat, kepada bangsa Indonesia," lanjutnya.

Dia menambahkan, peringatan Hari Raya Waisak bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk dapat membangun bangsa secara bersama-sama. Begitu juga dengan sikap toleransi yang tinggi, serta pesan kedamaian antarumat beragama menjadi kekuatan penuh dalam keutuhan bangsa.

"Saya yakin semua yang hadir pada perayaan Waisak di tempat ini akan sampaikan pesan-pesan ini kepada saudara-saudara yang lain. Kita terus tanamkan, sampaikan nilai kesejukan yang ada untuk bisa wujudkan suasana yang aman dan damai," terangnya.

Kondisi itu, ujar Gatot, mampu menciptakan suasana hangat dalam beragama, sehingga perayaan pada hari ini pun dapat berjalan dengan khidmat dan lancar.

"Dengan suasana yang aman, damai, sejuk kita semua bisa hadir di tempat ini merayakan ibadah agama, kita bisa ada di tempat ini merayakan hari raya waisak," tukasnya.

Gatot juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh umat Budha di Tanah Air yang merayakan Hari Raya Waisak.

"Saya ucapkan selamat Hari Raya waisak kepada bapak ibu sekalian semoga Tuhan yang Maha Esa memberikan perlindungan kepada kita semua, memberikan rahmat, memberikan nikmat, nikmat keamanan, kedamaian, ketentraman untuk seluruh umat di Indonesia ini dan untuk bangsa Indonesia agar bangsa kita menjaga keutuhan sampai apapun juga," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More